Skip to main content

Bingung Pilih Skincare untuk Kulit Berminyak? Ini Rekomendasinya!

Bingung Pilih Skincare untuk Kulit Berminyak? Ini Rekomendasinya!

Bingung Pilih Skincare untuk Kulit Berminyak? Ini Rekomendasinya!

artikel_3_april1.jpg

Dalam merawat kulit berminyak, kamu dianjurkan untuk menggunakan skincare yang dapat mengontrol produksi sebum di dalam kulit. Sayangnya, memilih skincare untuk kulit berminyak adalah hal yang cukup tricky atau bisa dibilang susah-susah gampang.
 
Yup, setiap jenis kulit mempunyai kebutuhan yang berbeda, termasuk kulit berminyak. Jangan sampai karena kurangnya informasi, kamu jadi menggunakan produk skincare yang tidak sesuai jenis kulitmu sehingga membuat produksi sebum pada kulitmu semakin tidak terkontrol atau malah menjadikan kulitmu semakin kering.
 
Supaya kamu tidak salah pilih saat sedang mencari skincare untuk kulit berminyak, ada baiknya untuk simak terus tulisan ini sampai akhir, ya. Keep reading!
 
Tanda-Tanda Kulit Berminyak
Kulit berminyak adalah kondisi ketika kelenjar minyak pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum atau minyak. Sebenarnya keberadaan sebum tidak sepenuhnya buruk, kok! Justru, kehadiran sebum dapat membantu merawat kulitmu agar tetap lembap.1
 
 
Akan tetapi, jumlah sebum yang terlalu banyak bisa menimbulkan permasalahan kulit seperti jerawat. Yup, produksi sebum yang berlebihan bisa mengakibatkan kotoran menjadi lebih mudah menempel pada kulit. Alhasil, pori-porimu menjadi tersumbat sehingga memicu jerawat untuk muncul.
 
Jika kamu masih bingung apakah kulitmu termasuk berminyak atau bukan, silakan simak tanda-tanda kulit berminyak yang sudah dirangkum dari situs Medical News Today2, ya. Berikut poin-poinnya:
●Kulit tampak mengkilap
●Pori-pori besar dan terlihat jelas
●Kulit terasa kasar
●Muncul jerawat terus-menerus
●Pori-pori tersumbat
●Tampak komedo
 
Penyebab Kulit Berminyak
Sebelum membahas skincare untuk kulit berminyak, ada baiknya untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan muka berminyak supaya kamu dapat merawatnya dengan tepat. 
Adapun faktor yang menyebabkan kulit berminyak adalah sebagai berikut:
 
  1. Genetik
    Salah satu penyebab kulit berminyak yang umum terjadi adalah akibat faktor genetik atau keturunan dari keluarga. Jadi, apabila salah satu orangtuamu memiliki kulit berminyak, kamu pun berpotensi besar memiliki jenis kulit serupa.3 Coba kamu perhatikan, apakah ibu atau ayahmu memiliki kulit yang berminyak?
     
  2. Ketidakseimbangan Hormon
    Yup, hormon yang tidak seimbang dapat mendorong kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum sehingga membuat wajahmu menjadi semakin berminyak. Kondisi ini biasanya muncul saat kamu sedang stres, makan sembarangan, menstruasi, mengandung, dan lainnya.4
     
  3. Stres
    Kamu sering stres? Hati-hati, kondisi ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab kulit berminyak, lho. Saat stres, hormon yang dikenal dengan istilah corticotropin-releasing hormone akan menstimulasi kelenjar minyak untuk meningkatkan produksi sebum. Akibatnya, kulitmu menjadi berminyak dan kondisi ini bisa memicu masalah kulit lain.5
     
  4. Terlalu Banyak Konsumsi Gula dan Karbohidrat
    Dilansir dari Healthline, makanan yang tinggi gula dan karbohidrat dapat memengaruhi hormon. Yup, saat kamu mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan karbohidrat, kadar gula arah dalam tubuhmu akan memproduksi insulin. Nah, insulin inilah yang berperan memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak sebum.6
     
  5. Penggunaan Skincare yang Keliru
    Penyebab wajah berminyak juga dapat dipicu oleh penggunaan skincare yang keliru, lho. Misalnya, kamu memiliki kulit berminyak, tetapi justru menggunakan skincare yang ditujukan untuk kulit kering. Contoh lainnya juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan melewatkan pelembap atau terlalu sering melakukan eksfoliasi wajah.
     
Cara Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak
Setelah mengetahui penyebab kulit berminyak, sekarang kamu bisa mulai merawatnya supaya sebum pada kulitmu dapat dikontrol dengan baik. Ada banyak cara untuk merawat kulit berminyak, salah satunya adalah dengan menggunakan skincare untuk kulit berminyak. 
 
Namun, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli skincare untuk kulit berminyak. Silakan simak tips di bawah ini sebagai panduan, ya. Berikut penjelasannya:
 
  1. Pilih Skincare yang Lembut di Wajah
    Orang-orang yang memiliki kulit berminyak percaya bahwa mereka perlu menggunakan skincare yang mengandung banyak bahan aktif untuk mengurangi tampilan minyak pada wajah. Padahal, hal tersebut bisa mengiritasi kulit dan memicu peningkatan produksi sebum, lho.
    Maka dari itu, kamu disarankan untuk menghindari skincare yang kandungannya cenderung keras di kulit untuk menghindari potensi kulit kering.
     
  2. Cari Skincare dengan Label Non-Comedogenic
    Umumnya, kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat. Nah, produk non-comedogenic ini bisa bantu mencegah penumpukan minyak dan sel kulit mati di pori-pori yang menjadi pemicu jerawat. Maka dari itu, cara memilih skincare untuk kulit berminyak yang kedua adalah menggunakan produk berlabel non-comedogenic.
    Non-comedogenic sendiri adalah istilah yang menggambarkan bahwa produk skincare telah diformulasikan sedemikian rupa sehingga tidak menyumbat pori-pori. Nah, selain mengecek pada label kemasannya, pastikan skincare pilihanmu tidak mengandung bahan yang menyumbat pori-pori seperti petrolatum, cocoa butter, sodium lauryl sulphate, coconut oil, palm oil, linseed oil, algae extract, ya!7
     
  3. Pastikan Skincare Bersifat Oil-Free
    Bagi pemilik kulit berminyak, tampil dengan wajah mengkilap dan penuh kilang minyak menjadi suatu hal yang menjengkelkan. Oleh karena itu, cara memilih skincare untuk kulit berminyak yang ketiga adalah memastikan produk yang kamu pilih bersifat oil-free
     
    Sesuai namanya, oil-free dapat didefinisikan sebagai produk yang komposisinya telah dirancang agar bebas dari minyak yang dapat membuat kulit semakin greasy. Nah, produk dengan status oil-free ini bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan mengurangi kilap pada wajah.
     
  4. Hindari Skincare Mengandung Alkohol
    Alkohol sering digunakan dalam berbagai produk skincare karena efeknya yang memberikan rasa kencang, sejuk, dan menyegarkan, terutama bagi kulit berminyak. Padahal, kandungan ini diketahui dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat pada kulit bahkan mengganggu fungsi skin barrier.
    Dr. Maryam Zamani juga menekankan bahwa penggunaan alkohol pada produk skincare dalam jangka panjang berpotensi untuk memperbesar pori-pori dan meningkatkan tingkat sebum pada kulit. Jadi, jika kamu ingin membeli skincare, pastikan produk tersebut bebas dari alkohol, ya!8
     
Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak
Kamu belum menemukan produk andalan untuk merawat kulit berminyakmu? Don’t worry, NEUTROGENA® punya beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 
 
  1. NEUTROGENA® Oil-Free Acne Wash
    Bingung cari facial wash untuk kulit berminyak? NEUTROGENA® Oil-Free Acne Wash bisa jadi pilihanmu. Produk ini dirancang dengan Microclear Technology untuk membantu membersihkan dan merawat kulit berminyak dan berjerawat dalam satu langkah. Formulanya didesain untuk membantu mengurangi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan lembut tanpa membuat kulit terlalu kering.
     
  2. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel
    Untuk moisturizer untuk kulit berminyak, kamu bisa mencoba NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel. Seperti namanya, pelembap bertekstur water gel ringan yang dilengkapi Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex untuk menjaga kekuatan skin barrier, menjaga vitalitas kulit, menghidrasi 5x lebih banyak*9 agar kulitmu terasa lembut, kencang, kenyal, dan bercahaya.
    Tak hanya itu, NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel ini juga bisa digunakan untuk kulit berminyak karena berlabelkan oil-free, non-comedogenic, dan telah teruji klinis oleh dermatologis, lho!
Sekian bahasan seputar cara memilih skincare untuk kulit berminyak beserta rekomendasinya. Semoga bisa menjadi panduan bagimu saat memilih produk untuk merawat kulit berminyakmu, ya!
 
Oh iya, jika kamu tertarik mencoba produk NEUTROGENA® yang disebutkan di atas, kamu bisa mendapatkannya di Official Store Shopee, Tokopedia, Lazada, ataupun drugstore kesayanganmu. Jangan lupa cek website NEUTROGENA® untuk mengetahui produk lain yang tersedia atau membaca artikel informatif lainnya di sini. Semoga bermanfaat!
Related Products:
Artikel Terkait

artikel_4_0.jpg

artikel_4_0.jpg

Bingung Pilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak?

Baca Sekarang

shutterstock_1676732809_1_1_1.jpg

shutterstock_1676732809_1_1_1.jpg

Cara Mudah Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Baca Sekarang

artikel-2.jpg

artikel-2.jpg

Punya Kulit Kering dan Kasar? Ini 5 Cara untuk Merawatnya!

Baca Sekarang

<

Sources:
1 Medical News Today. 14 Desember 2020. “What is Sebum?”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/sebum.
 
Medical News Today. 6 Januari 2020. “Top Six Home Treatments for Oily Skin?”. Diakses pada 17 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090.
 
3 Healthline. 26 September 2018. “7 Causes of Oily Skin”. Diakses pada 17 Maret 2023, dari https://www.healthline.com/health/oily-skin-causes#genetics.
 
4 Medical News Today.  11 Januari 2023. “What to Know About Hormonal Imbalances”. Diakses pada 17 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/321486.
 
5 Verywell Health. 1 November 2022. “How to Manage Oily Skin”. Diakses pada 17 Maret 2023, dari https://www.verywellhealth.com/oily-skin-5095863.
 
6 Healthline. 7 Oktober 2020. “We Asked a Dermatologist: Will These Popular Diets Better Our Skin?”. Diakses pada 17 Maret 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-diet.
 
7 Medical News Today. 3 February 2022. “What Are Noncomedogenic Skincare Products?”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/noncomedogenic.
 
8 Byrdie. 12 Juli 2022. “Is Alcohol in Skincare Bad? We Asked Dermatolgists”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.byrdie.com/alcohol-in-skincare.
 
9 *dibandingkan kontrol tanpa perawatan