Skip to main content

Jangan Malas, Ini 3 Alasan Reapply Sunscreen Penting

Jangan Malas, Ini 3 Alasan Reapply Sunscreen Penting

Jangan Malas, Ini 3 Alasan Reapply Sunscreen Penting

may_article_-_11.jpg

Tahukah kamu? Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang saat menggunakan sunscreen adalah malas reapply sunscreen. Fenomena ini dibuktikan oleh survei yang dilakukan American Academy of Dermatology pada tahun 2021. Survei tersebut menemukan bahwa hanya 33% responden yang mengaplikasikan sunscreen sesuai anjuran.1
 
Hal di atas bisa terjadi karena sebagian besar mayoritas meyakini bahwa mengaplikasikan sunscreen sekali saja, terutama dengan tingkat SPF yang paling tinggi, sudah cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV sepanjang hari.2 Padahal, kenyataan ini justru keliru, lho.
 
Faktanya, American Academy of Dermatology menganjurkan kita untuk mengaplikasikan sunscreen setiap 2 jam sekali, terutama ketika kita sedang beraktivitas di luar ruangan dan terpapar langsung oleh sinar matahari.3 Misalnya, saat sedang berolahraga atau berenang.
Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengapa reapply sunscreen yang teratur sangat penting untuk kesehatan kulit kita, silakan simak terus artikel di bawah ini, ya. Let’s keep scrolling!
 
Faktor yang Menyebabkan Malas Reapply Sunscreen
Ada banyak faktor yang dapat membuat seseorang malas reapply sunscreen. Jika kamu salah satu golongan yang memiliki kebiasaan ini, mungkin alasan di bawah adalah penyebabnya. Kira-kira apa saja? Berikut rangkumannya:
 
  1. Tekstur Sunscreen Lengket
    Alasan pertama yang membuat seseorang malas reapply sunscreen adalah tekstur sunscreen yang lengket. Umumnya, sunscreen dengan tekstur ini meninggalkan sensasi berat dan berminyak di kulit sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penggunanya.
     
  2. Meninggalkan Whitecast
    Pernahkah wajahmu terlihat abu-abu setelah menggunakan sunscreen? Itu tandanya sunscreen-mu meninggalkan whitecast, lho! Bagi beberapa orang, whitecast ini cukup mengganggu estetika, sehingga mereka memilih untuk tidak reapply sunscreen daripada tampilannya menjadi terganggu.
     
  3. Memicu Jerawat dan Komedo
    Alasan lain yang membuat orang malas reapply atau bahkan sama sekali enggan mengaplikasikan sunscreen disebabkan karena produk sunscreen miliknya memicu jerawat dan komedo. Untuk menghindarinya, kamu bisa memilih sunscreen yang berlabel non-comedogenic sehingga kamu tidak perlu takut sunscreen-mu menyumbat pori-pori.
     
  4. Menimbulkan Pilling
    Di beberapa kasus, sunscreen dapat menimbulkan gumpalan kecil berwarna putih pada wajah setelah pengaplikasian, yang disebut pilling. Kondisi ini membuat orang menjadi enggan untuk reapply sunscreen karena pilling membuat tampilan wajah menjadi tidak rapi atau “flaky” akibat gumpalan-gumpalan yang mengganggu.
     
  5. Menimbulkan MakeUp Sulit Menempel
    Bagi sebagian orang yang suka makeup, mengaplikasikan sunscreen yang membuat makeup-nya sulit menempel adalah masalah. Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk tidak reapply sunscreen secara berkala agar tampilan makeup mereka tetap terjaga dan mereka tidak perlu mengulang kembali proses riasan dari awal.
     
    Dari kelima faktor yang telah dibahas di atas, adakah alasan yang sering membuatmu malas reapply sunscreen? Jika iya, semoga kebiasaan ini bisa segera kamu hentikan agar kulitmu mendapatkan perlindungan yang optimal, ya.
     
Alasan Pentingnya Reapply Sunscreen
Jika kamu bertanya-tanya mengapa reapply sunscreen wajib dilakukan secara berkala, mari kita simak bahasannya pada poin-poin berikut.
 
  1. Efektivitas Sunscreen Memudar Seiring Waktu
    Tahukah kamu? Sunscreen cenderung memiliki waktu kerja terbatas, lho. Meskipun tingkat SPF yang tertera pada produk tinggi, sebagian besar sunscreen hanya dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal selama 2 jam.4
    Hal ini bisa terjadi karena kandungan aktif pada sunscreen akan semakin memudar seiring terpaparnya kulitmu terhadap sinar matahari.5 Oleh sebab itu, efektivitas sunscreen menjadi berkurang dan kamu diwajibkan untuk mengaplikasikan ulang agar mendapatkan perlindungan yang optimal.
     
  2. Sunscreen Tidak Sengaja Terhapus
    Kamu termasuk individu yang aktif? Hati-hati, mobilitas yang kamu lakukan setiap hari secara tidak sadar juga bisa menghapus sunscreen yang sudah kamu aplikasikan. Beberapa contoh di antaranya adalah menyentuh wajah, berolahraga, mengambil air wudhu, atau mengelap kulit dengan handuk.
    Meski gerak-gerik yang disebutkan terlihat sederhana, sebenarnya hal tersebut dapat mengikis sebagian atau seluruh lapisan sunscreen pada kulit. Oleh karena itu, ritual reapply sunscreen setiap 2 jam menjadi hal wajib yang perlu kamu lakukan untuk memastikan kulitmu terlindungi dengan baik dari sinar matahari.
     
  3. Perlindungan Kulit Jangka Panjang
    Alasan terakhir mengapa reapply sunscreen penting adalah untuk menjaga kesehatan kulitmu dalam jangka panjang. Menurut data statistik World Health Organization (WHO), paparan radiasi sinar ultraviolet berkontribusi terhadap 1,2 juta kasus kanker kulit tipe non-melanoma dan 325.000 ribu kasus kanker kulit tipe melanoma di 2020.6
    Dengan rutin mengaplikasikan sunscreen dan melakukan reapply berkala, kamu dapat membantu memproteksi kulitmu dan mengurangi risiko terkena paparan sinar matahari berlebihan yang dapat menyebabkan kanker kulit. Tak hanya itu, reapply sunscreen dengan teratur juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu memudarkan bekas luka, dan mengurangi hiperpigmentasi.7
     
Cara Reapply Sunscreen dengan Tepat
Untuk kamu yang masih bingung cara reapply sunscreen, kamu bisa ikuti langkah tepat di bawah ini:
 
  1. Cara Reapply Sunscreen saat Memakai Makeup
    Untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, penggunaan sunscreen disarankan langsung diaplikasikan pada kulit.8 Oleh karena itu, jika kamu ingin reapply sunscreen saat menggunakan makeup, kamu dianjurkan untuk menghapus seluruh riasanmu terlebih dahulu dengan micellar water atau cleansing balm.
    Setelah wajah bersih dari makeup yang menempel, kamu dapat mencuci wajahmu dengan facial cleanser. Sehabis itu, dilanjut dengan mengaplikasikan toner, pelembap, dan terakhir menggunakan sunscreen sebanyak 2 ruas jari.
    Namun, jika kamu tidak suka hal yang ribet, terdapat alternatif reapply sunscreen yang lebih praktis saat wajahmu sudah full makeup, yakni dengan menggunakan sunscreen dalam bentuk spray atau mengaplikasikan bedak yang mengandung SPF.9
     
  2. Cara Reapply Sunscreen saat tanpa Makeup
    Dibanding langkah sebelumnya, cara reapply sunscreen saat wajah tanpa makeup sebenarnya jauh lebih praktis. Kamu hanya perlu membasuh wajah dengan air, lalu keringkan menggunakan tisu atau handuk khusus wajah. Setelah itu, kamu bisa langsung mengoleskan sunscreen sebanyak 2 ruas jari. Mudah sekali, bukan?
     
  3. Cara Reapply Sunscreen setelah Berolahraga
    Siapa bilang kamu tidak perlu reapply sunscreen setelah berolahraga? Justru, pemakaian sunscreen tetap diperlukan apalagi jika kamu berolahraga di luar ruangan agar kulitmu terlindungi dengan baik.
    Namun, sebelum memulai ritual reapply sunscreen, pastikan kamu mencuci wajah terlebih dahulu dengan facial cleanser untuk membersihkan keringat dan kotoran yang menempel. Sehabis itu, kamu bisa mengaplikasikan toner dan pelembap sebelum menggunakan sunscreen. Oh iya, pastikan kamu mengoleskan sunscreen-nya sesuai anjuran 2 ruas jari, ya!
     
Rekomendasi Suncscreen NEUTROGENA® untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV
Kamu sedang cari sunscreen yang dapat melindungi kulitmu dari efek sinar UV? Coba tambahkan NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen ke dalam skincare routine-mu, yuk! Dilengkapi dengan perlindungan broad-spectrum dan Teknologi Helioplex™, sunscreen NEUTROGENA® ini dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB.
 
Tekstur NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen yang ringan, tahan air, dan tahan keringat membuat sunscreen NEUTROGENA® ini cocok digunakan saat beraktivitas sehari-hari. Kamu juga tidak perlu khawatir karena NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen dirancang dengan Teknologi Dry-Touch yang dapat menjaga kulitmu dari kilau minyak berlebih dan tidak menyumbat pori-pori.
 
Selain itu, NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen juga hadir dalam ukuran 88 ml, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika harus sering-sering re-apply sunscreen. Kemasannya yang didesain dengan ukuran jumbo akan jauh lebih awet dan membuatmu termotivasi untuk mengaplikasikan sunscreen secara berkala.
 
Oh iya, sebelum re-apply NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen, pastikan kamu sudah mencuci wajahmu menggunakan NEUTROGENA® Extra Gentle Cleanser dan menggunakan pelembap dari NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel, ya!
 
Diformulasikan tanpa sabun, Neutrogena® Extra Gentle Cleanser dapat membersihkan wajahmu dengan lembut dan membantu menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal. Di sisi lain, NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel yang dilengkapi Natural Moisturizing Factor (NMF) dapat membantu menjaga kekuatan skin barrier dan menghidrasi 5x lebih banyak*10 agar kulitmu terasa lembut, kencang, kenyal, dan bercahaya.
 
Sekian bahasan mengapa reapply sunscreen merupakan kebiasaan penting. Semoga setelah membaca tulisan ini, kamu jadi makin semangat mengaplikasikan sunscreen agar kulitmu terlindungi dengan optimal, ya.
Jika kamu tertarik mencoba NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen atau produk NEUTROGENA® lainnya, kamu bisa mendapatkannya di Official Store Shopee, Tokopedia, Lazada, ataupun drugstore kesayanganmu. Selamat mencoba!
 
 
 BACA CARA PENGGUNAAN DAN PERINGATAN
 
 
Related Products:
Artikel Terkait

artikel_4_0.jpg

artikel_4_0.jpg

Bingung Pilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak?

Baca Sekarang

shutterstock_1676732809_1_1_1.jpg

shutterstock_1676732809_1_1_1.jpg

Cara Mudah Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Baca Sekarang

artikel-2.jpg

artikel-2.jpg

Punya Kulit Kering dan Kasar? Ini 5 Cara untuk Merawatnya!

Baca Sekarang

<

Sources:
American Academy of Dermatology. 17 Februari 2023. “Sunscreen FAQs”. Diakses pada 15 Juni 2023, dari https://www.aad.org/media/stats-sunscreen.
American Academy of Dermatology. 25 Mei 2021. “Confused About Sunscreen? New American Academy of Dermatology Survey Shows Americans Need A Refresher on Sunscreen Application and SPF”. Diakses pada 15 Juni 2023, dari https://www.aad.org/news/aad-survey-shows-americans-need-sunscreen-educa....
Brueck, Hilary. 28 Mei 2018. “How Long Your Sunscreen Actually Protects You, According to Dermatologists”. Business Insider. Diakses pada 16 Juni 2023, dari https://www.businessinsider.com/how-long-does-sunscreen-last-how-spf-wor....
Everyday Human. 22 April 2022. “SPF 101: Why Do You Need to Reapply Sunscreen?”. Diakses pada 16 Juni 2023, dari https://www.everyday-humans.com/blogs/blog/spf-101-why-do-you-need-to-re....
Healthline. 3 Agustus 2022. “Do You Really Need Sunscreen Everyday?”. Diakses pada 16 Juni 2023, dari https://www.healthline.com/health/sunscreen-explained.
Petrarca, Marisa. 11 April 2023. “How To Wear Sunscreen Under Foundation, According to an Expert”. Makeup.com. Diakses pada 16 Juni 2023, dari https://www.makeup.com/product-and-reviews/foundation/wear-sunscreen-und....
World Health Organization. 21 Juni 2022. “Ultraviolet Radiation”. Diakses pada 16 Juni 2023, dari https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/ultraviolet-radiation