Skip to main content

Punya Tipe Kulit Berminyak, Apakah Masih Memerlukan Moisturizer?

https://www.neutrogena.co.id/sites/neutrogena_id/files/artikel_1_april1.jpg

Bagi pemilik kulit berminyak, pelembap atau  moisturizer  dianggap menjadi hal yang tidak penting, sehingga produk yang satu ini sering dilewatkan dalam  skincare routine . Hal tersebut dikarenakan banyak pemilik wajah berminyak berpikir bahwa menggunakan  moisturizer  hanya akan membuat wajahnya semakin memproduksi ekstra minyak. 

Namun, pandangan di atas ternyata keliru. Dilansir dari situs  Verywell Health , kulit yang memproduksi minyak berlebih tidak bisa disamakan dengan kulit yang terhidrasi dengan baik.1 Di banyak kasus, kulit berminyak bahkan bisa tetap kering dan dehidrasi, lho.2 Maka dari itu,  moisturizer  tetap perlu digunakan meskipun kulitmu berminyak.

Supaya kamu lebih paham, simak terus artikel ini sampai akhir, ya.  Keep reading and scrolling ! 

Kulit Berminyak vs Kulit Terhidrasi, Apa Bedanya?
Banyak orang menyangka bahwa kulit berminyak sama dengan kulit yang terhidrasi. Faktanya, kedua jenis kulit ini merupakan kondisi yang berbeda. Kulit berminyak adalah kondisi kulit yang terlihat mengilap karena kelenjar minyak menghasilkan terlalu banyak sebum. Nah, produksi sebum yang berlebih ini rentan menyebabkan inflamasi dan jerawat. 

Di sisi lain, kulit yang terhidrasi atau kulit lembap bisa dikatakan sebagai kondisi kulit yang sehat karena kulit mampu menyerap air dengan cukup dan mempertahankannya ke dalam permukaan kulit sehingga wajah tempak kenyal dan elastis. 

Jadi, meskipun wajahmu memproduksi sebum berlebih yang menyebabkan kulit berminyak, bukan berarti kulitmu sudah terhidrasi, ya. Kamu masih tetap perlu menggunakan  moisturizer . Mengapa? Tanpa kelembapan yang cukup, fungsi  skin barrier -mu bisa terganggu dan kulitmu menjadi berisiko terkena masalah kulit yang lainnya. 

Manfaat  Moisturizer  untuk Kulit Berminyak
Jika kamu masih ragu apakah penggunaan  moisturizer  perlu untuk kulit yang berminyak, silakan simak manfaatnya pada poin-poin di bawah ini, yuk!

  1. Membantu Mengurangi Masalah Kulit
    Menurut  Medical News  Today, sebum dalam kulitmu berperan untuk menjaga kelembapan kulit, menyuplai antioksidan, hingga melindungi kulit dari infeksi virus, bakteri, atau kuman. Namun, produksi sebum yang berlebihan juga tidak baik karena akan menjadikan kulitmu berminyak.3

    Nah, kulit yang berminyak ini menjadi lebih rentan terhadap berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, pori-pori besar, hingga komedo. Maka dari itu, ahli dermatologis Macrene Alexiades, MD, FAAD, mengatakan bahwa penggunaan produk  moisturizer  yang tepat bisa mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit berminyak, sehingga masalah kulit juga bisa dihindari.4

  2. Menenangkan Jerawat Meradang
    Sudah menjadi rahasia umum jika kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat. Umumnya, produk  spot treatment  yang digunakan untuk merawat jerawat cenderung membuat kulit kering karena mengandung bahan aktif di dalamnya. Nah, agar kulitmu tetap lembap dan tidak iritasi, kamu wajib mengoleskan  moisturizer  setelahnya!

    Biasanya, kandungan  moisturizer  memiliki  skin-soothing properties  yang bisa membantu jerawat. Adapun  skin-soothing properties  yang dimaksud bisa berupa  hyaluronic acid, aloe vera, green tea, dimethicone , dan lainnya.5

  3. Merawat Fungsi  Skin Barrier  
    Orang yang memiliki kulit berminyak cenderung mempunyai kebiasaan untuk mencuci muka terlalu sering. Meskipun efektif untuk mengurangi kilau pada wajah secara sementara, kebiasaan ini nyatanya berdampak buruk bagi  skin barrier  karena dapat menghilangkan sebum pada kulit. Alhasil, kelenjar minyak menjadi memproduksi ekstra sebum lebih banyak.

    Maka dari itu, penggunaan  moisturizer  sangat dianjurkan agar  skin barrier -mu tetap terawat dan keseimbangan sebum terjaga. Kandungan yang ada di dalam  moisturizer  diketahui juga mampu membantu mengembalikan tingkat kelembapan dan merawat kulit yang kering, mengelupas, bahkan iritasi akibat terlalu sering mencuci muka. 

Cara Memilih  Moisturizer  untuk Kulit Berminyak
Agar tidak salah pilih, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih  moisturizer  untuk kulit berminyak. Berikut tipsnya:

  1. Pilih  Moisturizer  Berbahan Dasar Air
    Saat mencari  moisturizer  untuk kulit berminyak, pastikan  moisturizer  yang kamu pilih berbahan dasar air atau dikenal dengan istilah water-based. Jangan pilih moisturizer yang  oil-based  karena hanya membuat tampilan kulitmu semakin berminyak dan memicu komedo.

    Umumnya,  moisturizer  yang berbahan dasar air berbentuk  gel  atau  lotion . Nah, karena bentuknya  gel  atau  lotion ,  moisturizer  jenis ini memiliki tekstur yang ringan sehingga nyaman digunakan untuk kulit berminyak karena cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.

  2. Cari  Moisturizer  dengan Label  Non-Comedogenic     Jika kulitmu berminyak, kamu disarankan untuk menggunakan  moisturizer  yang  non-comedogenic . Apa maksudnya?  Non-comedogenic  merupakan istilah yang menggambarkan bahwa produk tersebut telah diformulasikan sedemikian rupa sehingga tidak menyumbat pori-pori yang memicu komedo. 

    Untuk mengetahui apakah  moisturizer  tersebut  non-comedogenic  sebenarnya bisa dilihat pada label yang tertera di kemasan. Selain itu, kamu juga bisa mengecek bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Pastikan  moisturizer  tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori-pori misalnya turunan petroleum, seperti petrolatum dan  mineral oil, cocoa butter, sodium lauryl sulphate, coconut oil, palm oil, linseed oil , dan  algae extract .6 

    3. Gunakan  Moisturizer  yang Mengandung  Hyaluronic Acid  
    Hyaluronic acid  menjadi salah satu bahan yang cukup populer dan sering digunakan pada produk  skincare . Bahan ini diketahui memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menarik serta mengikat molekul air hingga 1000 kali lipat7, sehingga efektif dalam menambah dan mempertahankan kelembapan kulit. 

    Oh iya,  hyaluronic acid  juga cocok digunakan untuk kulit berminyak karena mampu memberikan hidrasi yang cukup tanpa menambahkan minyak dalam kulit. Hal ini dibuktikan pada hasil penelitian yang dimuat  Journal of Investigative   Dermatology  yang menunjukkan bahwa penggunaan  hyaluronic acid  mampu membantu mengontrol minyak berlebih pada kulit berminyak.8

Rekomendasi  Moisturizer  untuk Kulit Berminyak
Dari bahasan di atas, dapat diketahui bahwa penggunaan  moisturizer  bukan hanya sekadar untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan kenyal.  Moisturizer  juga berperan penting untuk merawat skin barrier-mu agar tetap kuat dalam melindungi kulit dari masalah jerawat hingga komedo. 

Nah, jika kamu masih bingung memilih produk  moisturizer  untuk kulit berminyak, kamu bisa mencoba  NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel ! Seperti namanya, pelembap ini memiliki tekstur  water gel  ringan yang dilengkapi  Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex  untuk menjaga kekuatan skin barrier, menjaga vitalitas kulit, menghidrasi 5x lebih banyak*9 agar kulitmu terasa lembut, kencang, kenyal, dan bercahaya.

Tak hanya itu, NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel ini juga diformulasikan tanpa minyak, non-comedogenic, dan telah teruji klinis oleh dermatologis sehingga bisa digunakan untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak tanpa perlu khawatir. Untuk cara penggunaannya, kamu cukup mengoleskan dan memijat lembut  moisturizer  ini di area wajah dan leher pada pagi dan malam hari untuk hasil kulit yang lembap, kenyal, dan sehat.

Perawatan untuk Kulit Berminyak
Selain menggunakan  moisturizer  untuk kulit berminyak, lakukan pula langkah-langkah perawatan untuk wajah berminyak di bawah ini:

  • Cuci wajahmu 2 kali sehari di pagi dan malam hari, atau maksimal 3 kali sehari setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

  • Hindari produk  skincare  yang mengandung alkohol karena bisa mendorong peningkatan jumlah sebum di wajah.10

  • Gunakan kertas minyak atau blotting paper untuk menyerap minyak berlebih yang dapat menyebabkan komedo dan jerawat.

  • Jangan lewatkan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan agar kulitmu tetap terproteksi dari sinar UV yang berbahaya bagi kulit.

Selain cara di atas, kamu juga harus memastikan  facial wash  yang kamu pakai tidak membuat kulitmu terlalu kering dan menghilangkan sebum di kulit. Untuk rekomendasinya, kamu bisa mencoba  NEUTROGENA® Hydro Boost Oil-Free Acne Wash  yang diformulasikan dengan Microclear Technology untuk membersihkan dan merawat kulit yang berjerawat dalam satu langkah.

NEUTROGENA® Oil-Free Acne Wash juga bisa digunakan untuk kulit berminyak karena formulanya mampu membantu mengurangi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan lembut tanpa membuat kulitmu terlalu kering. Nah, kamu bisa mengombinasikan  facial wash  ini dengan NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel untuk membantu merawat kulit berminyakmu agar hasilnya lebih optimal!

Demikian bahasan tentang  moisturizer  untuk kulit berminyak. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pedoman untukmu yang masih kebingungan, ya! Apabila kamu masih ragu dalam memilih produk  skincare  termasuk  moisturizer  untuk kulit berminyak yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter supaya dapat diberikan saran produk yang cocok untuk kondisi kulitmu.  Good luck ! 

Artikel Terkait

Kenali Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Merawatnya!

Kenali Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Merawatnya!

Basic Skincare untuk Merawat Skin Barrier, Apa Saja yang Digunakan?

Basic Skincare untuk Merawat Skin Barrier, Apa Saja yang Digunakan?

Bingung Pilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak?

Bingung Pilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak?

Sources:
1  Verywell Health . 15 Januari 2023. “Does Oily Skin Need A Moisturizer?”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.verywellhealth.com/do-i-need-a-moisturizer-if-i-have-oily-sk....

2  Verywell Health . 15 Januari 2023. “Does Oily Skin Need A Moisturizer?”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.verywellhealth.com/do-i-need-a-moisturizer-if-i-have-oily-sk....

3  Medical News  Today. 14 Desember 2020. “What is Sebum?”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/sebum.

4 Health. 28 November 2022. “The 13 Best Moisturizers for Oily Skin of 2023”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.health.com/best-moisturizers-for-oily-skin-6752877.

5 WebMD. 11 Agustus 2022. “Skin Care Ingredients for Sensitive Skin”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.webmd.com/beauty/features/skin-care-ingredients-sensitive-skin.

6  Medical News  Today. 3 February 2022. “What Are Noncomedogenic  Skincare  Products?” Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/noncomedogenic.

7 Healthline. 8 Maret 2019. “Why Science Says Hyaluronic Acid Is the Holy Grail to Wrinkle-Free, Youthful Hydration”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hyaluronic-acid.

8 Jung, Yura, Chul Hwang, Minha Jeong, Daekyoung Choi, Kyungcheol Sohn, Young Lee, Youngjoon Seo, et al. 2017. “Hyaluronic Acid Decreases Lipid Synthesis in Sebaceous Glands.”  Journal of Investigative   Dermatology  137, no. 6 (June): 1215-1222.

https://doi.org/10.1016/j.jid.2017.01.017.

9 *dibandingkan kontrol tanpa perawatan.

10 Healthline. 31 Juli 2022. ”The Ultimate Skin Care Routine for Oily Skin”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care-routine-for....

Related Products