Skip to main content

Punya Tipe Kulit Berminyak, Apakah Masih Memerlukan Moisturizer?

Punya Tipe Kulit Berminyak, Apakah Masih Memerlukan Moisturizer?

Punya Tipe Kulit Berminyak, Apakah Masih Memerlukan Moisturizer?

artikel_1_april1.jpg

Bagi pemilik kulit berminyak, pelembap atau moisturizer dianggap menjadi hal yang tidak penting, sehingga produk yang satu ini sering dilewatkan dalam skincare routine. Hal tersebut dikarenakan banyak pemilik wajah berminyak berpikir bahwa menggunakan moisturizer hanya akan membuat wajahnya semakin memproduksi ekstra minyak. 
 
Namun, pandangan di atas ternyata keliru. Dilansir dari situs Verywell Health, kulit yang memproduksi minyak berlebih tidak bisa disamakan dengan kulit yang terhidrasi dengan baik.1 Di banyak kasus, kulit berminyak bahkan bisa tetap kering dan dehidrasi, lho.2 Maka dari itu, moisturizer tetap perlu digunakan meskipun kulitmu berminyak.
 
Supaya kamu lebih paham, simak terus artikel ini sampai akhir, ya. Keep reading and scrolling
 
Kulit Berminyak vs Kulit Terhidrasi, Apa Bedanya?
Banyak orang menyangka bahwa kulit berminyak sama dengan kulit yang terhidrasi. Faktanya, kedua jenis kulit ini merupakan kondisi yang berbeda. Kulit berminyak adalah kondisi kulit yang terlihat mengilap karena kelenjar minyak menghasilkan terlalu banyak sebum. Nah, produksi sebum yang berlebih ini rentan menyebabkan inflamasi dan jerawat. 
 
Di sisi lain, kulit yang terhidrasi atau kulit lembap bisa dikatakan sebagai kondisi kulit yang sehat karena kulit mampu menyerap air dengan cukup dan mempertahankannya ke dalam permukaan kulit sehingga wajah tempak kenyal dan elastis. 
 
Jadi, meskipun wajahmu memproduksi sebum berlebih yang menyebabkan kulit berminyak, bukan berarti kulitmu sudah terhidrasi, ya. Kamu masih tetap perlu menggunakan moisturizer. Mengapa? Tanpa kelembapan yang cukup, fungsi skin barrier-mu bisa terganggu dan kulitmu menjadi berisiko terkena masalah kulit yang lainnya. 
 
Manfaat Moisturizer untuk Kulit Berminyak
Jika kamu masih ragu apakah penggunaan moisturizer perlu untuk kulit yang berminyak, silakan simak manfaatnya pada poin-poin di bawah ini, yuk!
 
  1. Membantu Mengurangi Masalah Kulit
    Menurut Medical News Today, sebum dalam kulitmu berperan untuk menjaga kelembapan kulit, menyuplai antioksidan, hingga melindungi kulit dari infeksi virus, bakteri, atau kuman. Namun, produksi sebum yang berlebihan juga tidak baik karena akan menjadikan kulitmu berminyak.3
     

    Nah, kulit yang berminyak ini menjadi lebih rentan terhadap berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, pori-pori besar, hingga komedo. Maka dari itu, ahli dermatologis Macrene Alexiades, MD, FAAD, mengatakan bahwa penggunaan produk moisturizer yang tepat bisa mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit berminyak, sehingga masalah kulit juga bisa dihindari.4

     
  2. Menenangkan Jerawat Meradang
    Sudah menjadi rahasia umum jika kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat. Umumnya, produk spot treatment yang digunakan untuk merawat jerawat cenderung membuat kulit kering karena mengandung bahan aktif di dalamnya. Nah, agar kulitmu tetap lembap dan tidak iritasi, kamu wajib mengoleskan moisturizer setelahnya!
     

    Biasanya, kandungan moisturizer memiliki skin-soothing properties yang bisa membantu jerawat. Adapun skin-soothing properties yang dimaksud bisa berupa hyaluronic acid, aloe vera, green tea, dimethicone, dan lainnya.5

     
  3. Merawat Fungsi Skin Barrier
    Orang yang memiliki kulit berminyak cenderung mempunyai kebiasaan untuk mencuci muka terlalu sering. Meskipun efektif untuk mengurangi kilau pada wajah secara sementara, kebiasaan ini nyatanya berdampak buruk bagi skin barrier karena dapat menghilangkan sebum pada kulit. Alhasil, kelenjar minyak menjadi memproduksi ekstra sebum lebih banyak.
     

    Maka dari itu, penggunaan moisturizer sangat dianjurkan agar skin barrier-mu tetap terawat dan keseimbangan sebum terjaga. Kandungan yang ada di dalam moisturizer diketahui juga mampu membantu mengembalikan tingkat kelembapan dan merawat kulit yang kering, mengelupas, bahkan iritasi akibat terlalu sering mencuci muka. 

Cara Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak
Agar tidak salah pilih, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih moisturizer untuk kulit berminyak. Berikut tipsnya:
 
  1. Pilih Moisturizer Berbahan Dasar Air
    Saat mencari moisturizer untuk kulit berminyak, pastikan moisturizer yang kamu pilih berbahan dasar air atau dikenal dengan istilah water-based. Jangan pilih moisturizer yang oil-based karena hanya membuat tampilan kulitmu semakin berminyak dan memicu komedo.
     

    Umumnya, moisturizer yang berbahan dasar air berbentuk gel atau lotion. Nah, karena bentuknya gel atau lotion, moisturizer jenis ini memiliki tekstur yang ringan sehingga nyaman digunakan untuk kulit berminyak karena cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.

     
  2. Cari Moisturizer dengan Label Non-Comedogenic Jika kulitmu berminyak, kamu disarankan untuk menggunakan moisturizer yang non-comedogenic. Apa maksudnya? Non-comedogenic merupakan istilah yang menggambarkan bahwa produk tersebut telah diformulasikan sedemikian rupa sehingga tidak menyumbat pori-pori yang memicu komedo. 
     

    Untuk mengetahui apakah moisturizer tersebut non-comedogenic sebenarnya bisa dilihat pada label yang tertera di kemasan. Selain itu, kamu juga bisa mengecek bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Pastikan moisturizer tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori-pori misalnya turunan petroleum, seperti petrolatum dan mineral oil, cocoa butter, sodium lauryl sulphate, coconut oil, palm oil, linseed oil, dan algae extract.6 

     

    3.Gunakan Moisturizer yang Mengandung Hyaluronic Acid
    Hyaluronic acid menjadi salah satu bahan yang cukup populer dan sering digunakan pada produk skincare. Bahan ini diketahui memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menarik serta mengikat molekul air hingga 1000 kali lipat7, sehingga efektif dalam menambah dan mempertahankan kelembapan kulit. 

     

    Oh iya, hyaluronic acid juga cocok digunakan untuk kulit berminyak karena mampu memberikan hidrasi yang cukup tanpa menambahkan minyak dalam kulit. Hal ini dibuktikan pada hasil penelitian yang dimuat Journal of Investigative Dermatology yang menunjukkan bahwa penggunaan hyaluronic acid mampu membantu mengontrol minyak berlebih pada kulit berminyak.8

 
Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berminyak
Dari bahasan di atas, dapat diketahui bahwa penggunaan moisturizer bukan hanya sekadar untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan kenyal. Moisturizer juga berperan penting untuk merawat skin barrier-mu agar tetap kuat dalam melindungi kulit dari masalah jerawat hingga komedo. 
 
Nah, jika kamu masih bingung memilih produk moisturizer untuk kulit berminyak, kamu bisa mencoba NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel! Seperti namanya, pelembap ini memiliki tekstur water gel ringan yang dilengkapi Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex untuk menjaga kekuatan skin barrier, menjaga vitalitas kulit, menghidrasi 5x lebih banyak*9 agar kulitmu terasa lembut, kencang, kenyal, dan bercahaya.
 
Tak hanya itu, NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel ini juga diformulasikan tanpa minyak, non-comedogenic, dan telah teruji klinis oleh dermatologis sehingga bisa digunakan untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak tanpa perlu khawatir. Untuk cara penggunaannya, kamu cukup mengoleskan dan memijat lembut moisturizer ini di area wajah dan leher pada pagi dan malam hari untuk hasil kulit yang lembap, kenyal, dan sehat.
 
Perawatan untuk Kulit Berminyak
Selain menggunakan moisturizer untuk kulit berminyak, lakukan pula langkah-langkah perawatan untuk wajah berminyak di bawah ini:
 
  • Cuci wajahmu 2 kali sehari di pagi dan malam hari, atau maksimal 3 kali sehari setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.
  • Hindari produk skincare yang mengandung alkohol karena bisa mendorong peningkatan jumlah sebum di wajah.10
  • Gunakan kertas minyak atau blotting paper untuk menyerap minyak berlebih yang dapat menyebabkan komedo dan jerawat.
  • Jangan lewatkan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan agar kulitmu tetap terproteksi dari sinar UV yang berbahaya bagi kulit.
Selain cara di atas, kamu juga harus memastikan facial wash yang kamu pakai tidak membuat kulitmu terlalu kering dan menghilangkan sebum di kulit. Untuk rekomendasinya, kamu bisa mencoba NEUTROGENA® Hydro Boost Oil-Free Acne Wash yang diformulasikan dengan Microclear Technology untuk membersihkan dan merawat kulit yang berjerawat dalam satu langkah.
 
NEUTROGENA® Oil-Free Acne Wash juga bisa digunakan untuk kulit berminyak karena formulanya mampu membantu mengurangi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan lembut tanpa membuat kulitmu terlalu kering. Nah, kamu bisa mengombinasikan facial wash ini dengan NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel untuk membantu merawat kulit berminyakmu agar hasilnya lebih optimal!
 
Demikian bahasan tentang moisturizer untuk kulit berminyak. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pedoman untukmu yang masih kebingungan, ya! Apabila kamu masih ragu dalam memilih produk skincare termasuk moisturizer untuk kulit berminyak yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter supaya dapat diberikan saran produk yang cocok untuk kondisi kulitmu. Good luck
Related Products:
Artikel Terkait

artikel-1.jpg

artikel-1.jpg

Kenali Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Merawatnya!

Baca Sekarang

artikel_5.jpg

artikel_5.jpg

Basic Skincare untuk Merawat Skin Barrier, Apa Saja yang Digunakan?

Baca Sekarang

artikel_4_0.jpg

artikel_4_0.jpg

Bingung Pilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak?

Baca Sekarang

Sources:
1 Verywell Health. 15 Januari 2023. “Does Oily Skin Need A Moisturizer?”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.verywellhealth.com/do-i-need-a-moisturizer-if-i-have-oily-sk....
 
2 Verywell Health. 15 Januari 2023. “Does Oily Skin Need A Moisturizer?”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.verywellhealth.com/do-i-need-a-moisturizer-if-i-have-oily-sk....
 
3 Medical News Today. 14 Desember 2020. “What is Sebum?”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/sebum.
 
4 Health. 28 November 2022. “The 13 Best Moisturizers for Oily Skin of 2023”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.health.com/best-moisturizers-for-oily-skin-6752877.
 
5 WebMD. 11 Agustus 2022. “Skin Care Ingredients for Sensitive Skin”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.webmd.com/beauty/features/skin-care-ingredients-sensitive-skin.
 
6 Medical News Today. 3 February 2022. “What Are Noncomedogenic Skincare Products?” Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/noncomedogenic.
 
7 Healthline. 8 Maret 2019. “Why Science Says Hyaluronic Acid Is the Holy Grail to Wrinkle-Free, Youthful Hydration”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hyaluronic-acid.
 
8 Jung, Yura, Chul Hwang, Minha Jeong, Daekyoung Choi, Kyungcheol Sohn, Young Lee, Youngjoon Seo, et al. 2017. “Hyaluronic Acid Decreases Lipid Synthesis in Sebaceous Glands.” Journal of Investigative Dermatology 137, no. 6 (June): 1215-1222.
 
9 *dibandingkan kontrol tanpa perawatan.
 
10 Healthline. 31 Juli 2022. ”The Ultimate Skin Care Routine for Oily Skin”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care-routine-for....