Skip to main content

Catat! 6 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Merawatnya

Catat! 6 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Merawatnya

Catat! 6 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Merawatnya

artikel_2_maret1.jpg

Kulit kusam sering menjadi permasalahan kulit yang umum dialami banyak orang. Di beberapa kasus, kulit kusam juga bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Nah, faktor penyebab kulit kusam sendiri pun beragam, akan tetapi biasanya diakibatkan oleh pola hidup yang kurang sehat.
Jika kamu bertanya-tanya apakah kulit kusam bisa kembali segar dan bercahaya, jawabannya tentu bisa dong! Yuk, simak dan scroll down terus artikel ini untuk cari tahu jawabannya!
 
Tanda-Tanda Kulit Kusam
Sebelum membahas penyebab kulit kusam dan cara merawatnya, ada baiknya kamu mengetahui tanda-tanda kulit kusam terlebih dahulu. Kenapa? Permasalahan kulit kusam biasanya sering luput dari perhatian banyak orang. Padahal, tanda-tandanya cukup mudah dikenali. 
Berikut tanda-tanda kulit kusam yang sudah dirangkum dari situs eMediHealth1:
  • Kulit terlihat kering
  • Warna kulit tidak merata
  • Kulit terasa kasar
  • Elastisitas kulit berkurang
  • Terdapat garis-garis halus
  • Kulit kendur dan muncul kerutan
Jika kulitmu menunjukkan tanda-tanda di atas, itu artinya kamu harus segera memerhatikan skincare routine yang kamu gunakan serta memperbaiki pola hidupmu agar kulitmu kembali cerah. Simak terus tulisan ini untuk cari tahu tipsnya, ya!
 
Faktor-Faktor Penyebab Kulit Kusam
Setelah mengetahui tanda-tanda kulit kusam, sekarang kamu mungkin bertanya-tanya faktor apa saja yang dapat menyebabkan kulit kusam. Nyatanya, terdapat banyak hal yang bisa memicu kulit kusam.
Berikut ini adalah sejumlah faktor penyebab kulit kusam yang umum dialami banyak orang berdasarkan rangkuman dari beberapa situs dan jurnal dermatologis.
 
  1. Kurang Asupan Air
    Tahukah kamu? Hasil studi dalam jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology di tahun 2015 membuktikan bahwa cukup minum air dapat membuat kulit terlihat lebih sehat.2
    Dengan memenuhi asupan air, kulitmu akan mendapatkan hidrasi yang cukup sehingga terlihat lebih lembap dan lentur. Berbeda jika asupan airmu kurang, kulitmu justru akan menjadi kering dan tampak kurang bercahaya. Jadi, jangan malas untuk penuhi asupan air, ya!
  2. Malas Menggunakan Pelembap
    Kamu sering skip pelembap dalam skincare routine-mu? Hati-hati, kebiasaan ini bisa jadi salah satu penyebab kulit kusam, lho. Selain membutuhkan asupan air dari dalam, kulitmu juga tetap memerlukan kelembapan dari luar yang berasal dari pelembap.
    Malas menggunakan pelembap, apalagi ketika kulitmu cenderung kering, justru dapat memengaruhi vitalitas serta kesehatan kulitmu. Maka dari itu, selalu gunakan pelembap sebanyak 2 kali sehari agar kulitmu terhidrasi dengan cukup, ya.3
  3. Penumpukan Sel Kulit Mati 
    Secara alamiah, kulitmu pasti akan melepaskan sel kulit mati dengan sendirinya guna memberi jalan bagi sel-sel baru untuk tumbuh. Namun, pada beberapa kondisi, sel kulit mati tersebut terkadang tidak bisa terkelupas dengan semestinya.4
    Nah, penumpukan sel kulit mati yang dibiarkan terus-menerus inilah yang dapat menjadi penyebab kulit kusam. Untuk merawatnya, kamu bisa mengeksfoliasi kulit dengan rutin. Akan tetapi, pastikan kamu tidak melakukannya dengan berlebihan agar skin barrier-mu tidak rusak, ya!
  4. Kebiasaan Merokok
    Sudah menjadi rahasia umum kalau kebiasaan yang satu ini dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Hal ini dibuktikan oleh hasil studi dalam Journal of Dermatological Science di tahun 2010 yang menyebutkan bahwa merokok dikatakan menjadi salah satu faktor yang mendorong penuaan dini.5br /> Lebih lanjut, studi tersebut menjelaskan bahwa kebiasaan merokok dapat menurunkan produksi kolagen, merusak serat elastis dan jaringan ikat pada kulit, serta memicu stres oksidatif.6 Nah, kondisi demikian diketahui bisa mempercepat proses penuaan dini dan berkontribusi menjadi penyebab kulit kusam.
  5. Terlalu Sering Begadang
    Saat kamu tidur, tubuhmu ternyata tetap aktif bekerja untuk memperbaiki sel serta jaringan yang rusak dengan memproduksi banyak kolagen, lho!7 Nah, kolagen inilah yang berperan untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit.
    Tak heran, kulitmu akan terlihat kusam ketika kamu begadang semalaman karena tubuh menjadi tidak optimal untuk memproduksi kolagen dan memperbaiki sel yang rusak. Setelah membaca penjelasan ini, apakah kamu masih tertarik untuk begadang?
  6. Tidak Menghapus Makeup Sebelum Tidur
    Penyebab kulit kusam lainnya diakibatkan oleh kebiasaan lupa menghapus makeup sebelum tidur. Saat kamu terlelap dengan makeup yang masih menempel, sel-sel kulit mati akan menumpuk dan mengganggu proses pengelupasan alami pada wajahmu.
    Di sisi lain, sisa makeup ini juga membuat kulitmu menjadi sulit bernapas dan tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri dengan optimal. Alhasil, kulitmu akan terasa kasar, kusam, tampak tidak bercahaya, bahkan timbul beberapa jerawat yang mengganggu. 
 
Cara agar Kulit Tidak Kusam
Merawat kulit kusam bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan perawatan yang tepat, kulitmu bisa kembali cerah dan bercahaya hanya dalam beberapa langkah sederhana. Berikut rinciannya:
 
  1. Lakukan Double Cleansing
    Cara agar kulit tidak kusam yang pertama adalah dengan menerapkan double cleansing, yaitu metode membersihkan wajah yang dilakukan melalui dua proses tahap pembersihan dengan menggunakan jenis pembersih yang berbeda.

    Pada tahap pertama, kamu bisa mengaplikasikan cleansing oil, milk cleanser, atau micellar water pada wajahmu untuk mengangkat minyak, kotoran, debu, dan makeup yang menempel. Setelah itu, kamu dapat membersihkan wajahmu menggunakan sabun cuci muka yang sesuai tipe kulitmu.

    Nah, salah satu rekomendasi sabun cuci muka yang dapat melengkapi agenda double cleansing-mu sekaligus merawat kulit agar tidak kusam adalah NEUTROGENA® Deep Clean Brightening Foaming Cleanser. Produk ini mengandung 1% niacinamide yang dapat membantu mencerahkan warna kulit agar tampak bercahaya dan terlihat cerah natural. Selain itu, NEUTROGENA® Deep Clean Brightening Foaming Cleanser juga dilengkapi dengan Amino Micellar Technology yang memiliki pH busa lembut sehingga bisa membersihkan ke dalam pori-pori*8 dan tetap menjaga lapisan pelindung alami kulitmu.

  2. Rutin Eksfoliasi
    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sel kulit mati yang menumpuk dapat menjadi salah satu penyebab kulit kusam. Maka dari itu, cara agar kulit tidak kusam yang kedua adalah rutin melakukan eksfoliasi.
    Eksfoliasi yang dilakukan dengan rutin dan teratur dapat membantu meningkatkan pergantian sel serta merangsang produksi kolagen. Namun, kamu disarankan untuk tidak melakukannya terlalu sering karena bisa mengiritasi kulit. Cukup lakukan eksfoliasi selama 2 kali dalam seminggu, ya.9
  3. Gunakan Serum
    Ingin terbebas dari kulit kusam? Yuk, tambahkan serum ke dalam skincare routine-mu! Serum dinilai dapat mengusir kekusaman pada kulit karena mengandung bahan-bahan berkonsentrasi tinggi yang bisa mencerahkan dan meningkatkan hidrasi kulit.10
    Jika kamu berencana membeli serum, Healthline menyarankan untuk memilih produk yang mengandung vitamin C, niacinamide, ferulic acid, resveratrol, atau hyaluronic acid.11 Bahan-bahan tersebut dinilai memiliki efek antioksidan efektif yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang menjadi penyebab kulit kusam.
  4. Jangan Skip Pelembap!
    Kulit kering menjadi salah satu penyebab kulit kusam. Oleh karena itu, kamu wajib menggunakan pelembap atau moisturizer untuk merawatnya. Kenapa? Ketika kulitmu memiliki tingkat kelembapan yang baik, maka wajahmu juga akan terlihat segar dan cerah.
    Dalam memilih pelembap, Healthline merekomendasikan untuk mencari produk yang mengandung ceramide, hyaluronic acid, glycerin, petrolatum, atau dimethicone.12 Bahan-bahan yang disebutkan ini diketahui efektif untuk menjaga skin barrier, menarik hidrasi ke dalam permukaan kulit, dan mencegah kulit agar tidak kehilangan kelembapan.
Nah, itu dia bahasan tentang penyebab kulit kusam dan cara merawatnya. Silakan praktikkan cara-cara di atas agar kulitmu kembali cerah dan bercahaya, ya!
Jangan lupa untuk terapkan pola hidup yang sehat dengan memenuhi asupan air, tidur yang cukup, dan memilih produk skincare dengan bahan mencerahkan seperti NEUTROGENA® Deep Clean Brightening Foaming Cleanser yang mengandung niacinamide. Semoga berhasil!
 
Related Products:
Artikel Terkait

artikel-4.jpg

artikel-4.jpg

Tingkatkan Hidrasi Kulit lewat Tantangan 7 Hari

Baca Sekarang

artikel-5.jpg

artikel-5.jpg

Gliserin untuk Kulit: Mengapa Gliserin Adalah Pertahanan untuk Kulit Kering

Baca Sekarang

artikel-1.jpg

artikel-1.jpg

Kenali Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Merawatnya!

Baca Sekarang

1 eMediHealth. 21 Januari 2021. Dull Skin: Causes, Symptoms, Treatment, and Complications. Diakses pada 16 Februari 2023, dari https://www.emedihealth.com/skin-beauty/more-skin-conditions/dull-skin-t....
 
2 Palma, L., Marques, L. T., Bujan, J., & Rodrigues, L. M. 3 Agustus 2015. “Dietary Water Affects Human Skin Hydration and Biomechanics”. Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, 2015, 413-421. https://doi.org/10.2147/CCID.S86822.
 
3 Healthline. 2 Oktober 2020. “Dull Skin Causes: 9 Steps to Say Goodbye to Dull Skin”. Diakses pada 17 Februari 2023, dari https://www.healthline.com/health/dull-skin.
 
4 Healthline. 2 Oktober 2020. “Dull Skin Causes: 9 Steps to Say Goodbye to Dull Skin”. Diakses pada 17 Februari 2023, dari https://www.healthline.com/health/dull-skin.
 
5 Morita, A. 12 Juli 2010. “Tobacco Smoke Causes Premature Skin Aging”. Journal of Dermatological Science, 48(3), 165-178. https://doi.org/10.1016/j.jdermsci.2007.06.015.
 
6 Morita, A. 12 Juli 2010. “Tobacco Smoke Causes Premature Skin Aging”. Journal of Dermatological Science, 48(3), 165-178. https://doi.org/10.1016/j.jdermsci.2007.06.015.
 
7 Healthline. 22 Agustus 2022. “6 Ways to Maximize Your Beauty Sleep for #WokeUpLikeThis Skin”. Diakses pada 17 Februari 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/beauty-sleep#sleep-an....
8 *lapisan kulit terluar saja.
 
9 Healthline. 2 Oktober 2020. “9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin”. Diakses pada 17 Februari 2023, dari https://www.healthline.com/health/dull-skin.
 
10 Healthline. 2 Oktober 2020. “9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin”. Diakses pada 17 Februari 2023, dari https://www.healthline.com/health/dull-skin.
 
11 Healthline. 2 Oktober 2020. “9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin”. Diakses pada 17 Februari 2023, dari https://www.healthline.com/health/dull-skin.
 
12 Healthline. 2 Oktober 2020. “9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin”. Diakses pada 17 Februari 2023, dari https://www.healthline.com/health/dull-skin.