Skip to main content

Kandungan Skincare untuk Merawat Skin Barrier, Apa Saja?

Kandungan Skincare untuk Merawat Skin Barrier, Apa Saja?

artikel_5_maret1.jpg

Kulit wajahmu terlihat kemerahan dan kering? Bisa jadi skin barrier-mu terganggu! Skin barrier adalah lapisan kulit paling luar yang berfungsi untuk menghindari kulit dari paparan radikal bebas. Selain mencegah dari paparan radikal bebas, fungsi utama lapisan kulit terluar ini adalah membantu penyerapan air dan nutrisi agar kulit tetap sehat, sehingga kelembapan alami kulit terjaga.1
 
Lalu apa dampaknya jika skin barrier terganggu? Ketika skin barrier-mu terganggu, kulitmu akan lebih rentan mengalami gangguan kulit. Maka dari itu, merawat kesehatan kulit menjadi hal penting yang harus dilakukan setiap hari agar skin barrier tetap terjaga dengan baik. 
Nah, sebelum kamu mencari tahu kandungan skincare untuk merawat skin barrier, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri skin barrier  yang terganggu. Yuk, simak terus tulisan ini!
 
Ciri-Ciri Skin Barrier Terganggu
Dikutip dari artikel Halodoc2, ada 9 tanda yang dapat terjadi jika skin barrier-mu terganggu, yaitu:
 
1.Iritasi kulit 
2.Kulit yang gatal
3.Kulit kering dan kusam
4.Hiperpigmentasi
5.Rentan mengalami infeksi kulit
6.Kulit membutuhkan waktu yang lama untuk penyembuhan luka
7.Kemerahan
8.Pori-pori semakin terlihat
9.Sering berjerawat
 
Dari ciri-ciri di atas, umumnya beberapa penyebab yang membuat skin barrier terganggu ini salah satunya bisa dipicu dari pemakaian produk skincare yang tidak tepat, melakukan eksfoliasi terlalu keras dan sering, serta sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama tanpa menggunakan sunscreen.
Jika skin barrier-mu memperlihatkan tanda-tanda di atas, maka kulitmu perlu diberikan perawatan sesegera mungkin. Perawatan untuk skin barrier yang terganggu tentunya memakan waktu yang tidak sebentar, umumnya memerlukan durasi 3-4 bulan untuk melihat perubahan lebih baik.3
 
Cara Merawat Skin Barrier
WebMD4 merekomendasikan beberapa tips untuk menjaga dan merawat skin barrier, yaitu:
 
  1. Hindari      terlalu     banyak     terpapar      sinar      matahari
    Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat memicu terjadinya sunburn yang bisa mengganggu skin barrier-mu dan mempercepat proses penuaan kulit. Sinar matahari juga dapat menyebabkan terjadinya bintik-bintik gelap pada kulit hingga dapat membuat kulitmu terlihat keriput. 
     

    Salah satu cara agar skin barrier-mu terlindungi dari paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen yang setidaknya memiliki kandungan 15 SPF serta hindari berada di bawah sinar matahari saat matahari berada di puncak atau sekitar pukul 10 pagi hingga 4 sore.5

     
  2. Makan     yang     sehat
    Cara kedua untuk merawat skin barrier adalah menjaga pola makan yang sehat. Dilansir dari WebMD, pola makan yang sehat dapat membuat kulit terlihat lebih baik. Nah, untuk memulai kebiasaan sehat yang baik untuk kulit ini, kamu bisa mencoba memilih makanan yang mengandung antioksidan, seperti brokoli, wortel, bayam, atau kacang kedelai.6
     

    Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak lebih muda. Jangan lupa untuk minum air putih 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter agar kulit tetap terhidrasi, ya.

     
  3. Kelola     stres
    Tahukah kamu? Stres dapat memicu peningkatan hormon kortisol pada tubuh, lho! Hormon ini diketahui juga dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit. Nah, produksi sebum yang berlebih dan menumpuk ini bisa memicu peradangan kulit dan mendorong pertumbuhan jerawat yang dapat mendorong skin barrier terganggu.
     
  4. Gunakan       pelembap       setiap       hari
    Agar skin barrier terganggu bisa dihindari, pastikan kamu rutin menggunakan pelembap setiap hari. Skin barrier yang sehat diidentifikasikan dengan kulit yang terhidrasi, dan penggunaan pelembap ini dapat menjaga hidrasi pada lapisan skin barrier kamu. 
     

    Hal ini disebabkan karena sebagian besar pelembap mengandung bahan dasar air seperti glycerin dan hyaluronic acid yang dapat menarik air ke dalam kulit dan membantu membuatnya tetap halus serta elastis. Untuk penyerapan terbaik, gunakan pelembap saat kulitmu masih basah, ya.7 

Hal-hal yang dijelaskan di atas rasanya belum lengkap jika belum membahas skincare untuk merawat skin barrier. Perlu kamu ingat, dalam penggunaan skincare pun harus diperhatikan kandungannya, jangan sampai skincare yang kamu pilih justru semakin merusak skin barrier dan menyebabkan banyak permasalahan pada kulit. Jika perlu, kamu juga bisa berkonsultasi kepada dokter apabila belum menemukan produk skincare yang tepat, ya.
 
Kandungan Skincare untuk Merawat Skin Barrier dan Rekomendasinya
Dilansir dari Healthline, skincare untuk merawat skin barrier adalah produk yang memiliki kandungan petrolatum, hyaluronic acid, atau glycerin. Nah, petrolatum sendiri dinilai mampu mencegah hilangnya kadar hidrasi dari kulit hingga 99%. Di sisi lain, hyaluronic acid dan glycerin merupakan ka ndungan yang efektif untuk menarik dan mengikat air ke dalam kulit.8
 
Jika kamu sedang mencari produk skincare untuk merawat skin barrier, yuk kenalan dengan produk NEUTROGENA® yang memiliki kandungan skincare untuk merawat skin barrier. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini ya:
 
  1. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel
    Kamu sedang mencari pelembap atau moisturizer untuk skin barrier? NEUTROGENA® Hydro Boost Water Gel bisa jadi pilihan yang tepat! Pelembap yang dengan tekstur water gel ringan yang dilengkapi dengan Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex yang menyerupai pelembap alami kulit, NEUTROGENA® Hydro Boost Water Gel dapat membantu menjaga kekuatan skin barrier, menjaga vitalitas kulit, menghidrasi 5x lebih banyak*9 agar kulit terasa lembut, kencang, kenyal, dan bercahaya.
     

    Tak hanya itu, NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel ini juga diformulasikan tanpa minyak, non-comedogenic, dan telah teruji klinis oleh dermatologis sehingga bisa digunakan bagi semua tipe kulit yang ingin merawat skin barrier-nya.

     
  2. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Serum
    Rekomendasi skincare untuk merawat skin barrier yang kedua adalah NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Serum. Serum ini diformulasikan dengan bursting hyaluronic pearl yang berisi konsentrat serum untuk membantu menghidrasi kulit serta kandungan gliserin yang dapat memberikan kelembapan hingga menembus lapisan ke-9 dalam permukaan kulit terluar agar kulitmu lebih halus dan terasa kenyal. 
     

    Buat kamu yang tak suka serum dengan tekstur kental, NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Serum bisa jadi opsi yang tepat sebab teksturnya ringan dengan kandungan 17% kompleks hidrasi sehingga menyerap cepat pada kulit. Serum ini juga dilengkapi hyaluronic acid mikro + makro untuk menghidrasi ke dalam permukaan kulit, serta pro-vitamin B5 dan teknologi prebiotik untuk membantu menjaga keremajaan dan merawat kulit agar terlihat sehat. 

     
  3. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Night Cream
    Rekomendasi skincare untuk merawat skin barrier adalah NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Night Cream. Produk ini bisa melengkapi skincare routine-mu di malam hari dan menjadi opsi yang tepat jika kamu ingin bangun tidur dengan kulit yang tampak sehat, lembap, dan kenyal!
     

    Krim malam yang melembapkan dan mengencangkan ini diformulasikan dengan kandungan peptide untuk mempertahankan kekencangan dan elastisitas kulit di malam hari serta dilengkapi Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex yang dapat menjaga kekuatan skin barrier-mu dan menghidrasinya 5x lebih banyak10 sepanjang malam, sehingga kulitmu tampak sehat bercahaya dan garis harus serta kerutan pada wajah bisa tersamarkan.

     

    Untuk mendapatkan produk ini, kamu bisa mengunjungi toko terdekat atau berkunjung ke Official Store NEUTROGENA® di marketplace favorit kamu, lho. Untuk info selengkapnya, kamu bisa klik di sini.

Sekian tulisan tentang kandungan skincare untuk merawat skin barrier. Semoga bermanfaat untuk kamu para pejuang skin barrier, ya! Jika kamu sudah melakukan beberapa cara yang disebutkan di atas, namun kulitmu belum juga memperlihatkan hasil yang diinginkan, silakan untuk konsultasi ke dokter kulit agar bisa ditangani dengan perawatan yang tepat dan akurat, ya. Semoga berhasil! 
 
 
Related Products: 
Artikel Terkait

artikel-2.jpg

artikel-2.jpg

Punya Kulit Kering dan Kasar? Ini 5 Cara untuk Merawatnya!

Baca Sekarang

<

artikel-1.jpg

artikel-1.jpg

Tips Memaksimalkan Kekuatan Hyaluronic Acid agar Hidrasi Lebih Optimal

Baca Sekarang

artikel-2.jpg

artikel-2.jpg

Revolusi Wajah: Cara Mengatasi Kulit Kering yang Tepat

Baca Sekarang

Sources:
1 Stanborough, Rebecca Joy. 31 Agustus 2022. Skin Barrier Function and How to Repair and Care for It. Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://www.healthline.com/health/skin-barrier.
 
2 Halodoc. 07 Oktober 2022. Penting, Ini Cara Mengenal Skin Barrier yang Rusak. Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://www.halodoc.com/artikel/penting-ini-cara-mengenal-skin-barrier-y....
 
3 Cleveland Clinic. 14 Desember 2022. How To Tell If Your Skin Barrier Is Damaged and What To Do About It. Diiakses pada 25 Februari 2023, dari https://health.clevelandclinic.org/skin-barrier.
 
4 WebMD. 09 Juli 2021. What to Know About Your Skin Barrier and How to Protect It. Diakses pada 25 Februari 2023 dari https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/skin-barrier-what-to-....
5 WebMD. 09 Juli 2021. What to Know About Your Skin Barrier and How to Protect It. Diakses pada 25 Februari 2023 dari https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/skin-barrier-what-to-....
 
6  WebMD. 09 Juli 2021. What to Know About Your Skin Barrier and How to Protect It. Diakses pada 25 Februari 2023 dari https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/skin-barrier-what-to-....
 
7 WebMD. 09 Juli 2021. What to Know About Your Skin Barrier and How to Protect It. Diakses pada 25 Februari 2023 dari https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/skin-barrier-what-to-....
 
8 Stanborough, Rebecca Joy. 31 Agustus 2022. Skin Barrier Function and How to Repair and Care for It. Diakses pada 25 Februari 2023, dari https://www.healthline.com/health/skin-barrier.
 
9 *dibandingkan kontrol tanpa perawatan.
 
10 *dibandingkan kontrol tanpa perawatan.