Skip to main content

Langkah Mudah Mendapatkan Kulit Glowing dan Kenyal di Hari Raya

Langkah Mudah Mendapatkan Kulit Glowing dan Kenyal di Hari Raya

Langkah Mudah Mendapatkan Kulit Glowing dan Kenyal di Hari Raya

artikel_4_april1.jpg

Hari raya selalu menjadi momen yang dinantikan banyak orang, terlebih saat Lebaran tiba, semua wanita pasti ingin tampil cantik dan menarik dengan kulit glowing dan kenyal agar semakin percaya diri saat bersilaturahmi bersama keluarga besar nanti. 
 
Sayangnya, untuk mendapatkan kulit glowing dan kenyal selama hari raya tidak bisa diperoleh secara instan. Menurut Halodoc, saat kita menjalankan puasa kulit kita akan cenderung terlihat lebih kering dan kusam.1
 
Tapi kamu tidak usah khawatir, Healthline juga merekomendasikan sejumlah cara mudah yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kulit glowing dan kenyal di hari raya, lho. 
 
Nah, sebelum mencari tahu tentang cara mendapatkan kulit glowing dan kenyal di hari raya, penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kulit glowing dan kenyal. Yuk, simak terus tulisan ini!
 
Ciri-Ciri Kulit Glowing dan Kenyal
Definisi kulit glowing dan kenyal tentunya dapat berbeda-beda bagi setiap orang. Biasanya, istilah tersebut merujuk pada kondisi kulit yang terlihat sehat, terjaga kelembapannya, tidak kering, kusam, dan memiliki tekstur rata. Di sisi lain, sebagian orang lainnya juga berpendapat bahwa kulit glowing dan kenyal adalah kulit yang berkilau atau bercahaya.
 
Jika kamu bertanya bagaimana ciri-ciri kulit yang glowing dan kenyal, berikut ciri-ciri umumnya menurut Medical News Today2:
  • Bertekstur halus
  • Tidak terlihat lelah dan dehidrasi
  • Tidak terlalu berminyak atau terlalu kering 
  • Memiliki skin complexion yang merata, bukan merah atau bahkan meradang3
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kulit Glowing dan Kenyal
Hal-hal yang dijelaskan di atas rasanya belum lengkap jika belum membahas faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kulit glowing dan kenyal. Namun, kamu juga perlu ingat bahwa kondisi kulit tiap orang berbeda-beda. Akibat perbedaan ini, sebagian orang mungkin lebih mudah mendapatkan kulit glowing dan kenyal dibanding yang lain karena beberapa faktor. 
 
Dilansir dari Medical News Today4, faktor-faktor yang memengaruhi kondisi kulit yang glowing dan kenyal adalah sebagai berikut:
 
  1. Faktor Genetik
    Faktor ini biasanya berasal dari gen salah satu anggota keluarga yang mempunyai masalah kulit, misalnya dermatitis atopik. Dalam kondisi ini, kamu mungkin membutuhkan usaha dan perawatan yang lebih ekstra untuk mendapatkan kulit glowing dan kenyal.
     
  2. Faktor Hormon
    Kondisi hormon juga bisa memicu munculnya jerawat dan membuat kulit terlihat lebih berminyak atau malah terlihat dehidrasi, lho. Akibatnya, kulitmu menjadi lebih sulit untuk tampil glowing dan kenyal karena adanya peradangan, produksi sebum yang berlebih, atau tingkat hidrasi kulit yang menurun.
     
  3. Faktor Kesehatan
    Jika kamu sedang mengonsumsi obat atau dalam proses KB hormonal, kulitmu tentunya akan terdampak oleh dosis dan efek samping dari obat yang kamu konsumsi. Akibatnya, kulitmu mungkin akan lebih mudah berjerawat, sehingga kamu membutuhkan usaha ekstra untuk bisa mendapatkan kulit glowing dan kenyal.
     
  4. Faktor Lingkungan
    Sudah menjadi rahasia umum jika faktor lingkungan berperan penting terhadap kesehatan kulit. Jika kulitmu sering terpapar sinar matahari, asap rokok, atau polusi, kondisi ini bisa membuat kulitmu lebih sulit mendapatkan kulit glowing dan kenyal, lho. Nah, untuk menghindarinya silakan rutin menggunakan sunscreen, ya.
     
  5. Faktor Kebiasaan Merawat Diri
    Asupan air, pola makan, durasi tidur, kebiasaan berolahraga, dan produk skincare yang kamu gunakan juga bisa mempengaruhi kesehatan kulitmu. Pastikan kamu menerapkan rutinitas ini dengan baik agar mendapatkan kulit glowing dan kenyal, ya!5
 
Cara Mendapatkan Kulit Glowing dan Kenyal
Agar terlihat glowing dan kenyal saat menyambut hari raya nanti, kamu perlu memaksimalkan perawatan kulitmu baik dari luar dan dalam. Lalu, bagaimana cara mendapatkan kulit glowing dan kenyal? Simak cara mudahnya di bawah ini, yuk! 
 
  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih
    Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas air putih dalam sehari, ya. Saat berpuasa kamu bisa minum 4 gelas air putih saat sahur dan 4 gelas lainnya saat berbuka. Minum air putih yang cukup tidak hanya menjaga tubuhmu tetap terhidrasi, tetapi juga bisa melembapkan kulitmu sehingga tampak glowing dan kenyal saat Lebaran nanti.
     
  2. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi
    Selain perawatan dari luar, kamu juga perlu merawat kulitmu dari dalam dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi agar kulit wajahmu terhindar dari berbagai macam masalah kulit dan tampak lebih lembap, sehat, bersih, dan mulus. Jadi, biasakan untuk konsumsi buah-buahan yang berserat tinggi seperti alpukat, apel, pir, pisang, selada, wortel atau bayam untuk mendapatkan kulit glowing dan kenyal.
     
  3. Scrub Wajah
    Cara mendapatkan kulit glowing dan kenyal yang ketiga adalah dengan rutin melakukan scrub wajah maksimal 2-3 kali seminggu. Scrub wajah berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk agar kulitmu tampak lebih glowing dan kenyal.
     
  4. Lakukan Perawatan Kulit Secara Rutin
    Tidak hanya menjelang hari raya saja, kamu juga perlu melakukan rutinitas perawatan kulit setiap hari untuk memperoleh tampilan kulit yang glowing dan kenyal, seperti:
    ●Membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang lembut. Jangan lupa untuk memilih sabun pembersih yang sesuai dengan jenis dan tipe kulitmu, ya.
    ●Gunakan serum pada pagi dan malam hari. Formula yang dimiliki serum dapat bekerja dan meresap lebih cepat ke dalam kulit dibanding dengan jenis skincare lainnya.
    ●Jangan lupa untuk aplikasikan pelembap. Pelembap dapat membantu menjaga kulitmu agar tetap lembap seharian dan mengontrol produksi minyak pada wajah.6
     
Oh iya, jika kamu ingin menggunakan makeup, pastikan produk makeup yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu, ya. Jangan lupa untuk membersihkan sisa makeup setelah beraktivitas agar perawatan kulit glowing dan kenyal yang kamu lakukan tidak sia-sia, karena sisa makeup yang menempel dapat menyebabkan wajah kusam, iritasi, bahkan menimbulkan jerawat, lho. 
 
Rekomendasi Skincare untuk Kulit Glowing dan Kenyal di Hari Raya
Dilansir dari Healthline, skincare yang dapat membantu membuat kulit glowing dan kenyal adalah produk yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau vitamin C. Hyaluronic acid berperan sebagai humektan yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan, sedangkan vitamin C berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari sinar UV, debu, dan polusi.7
 
Nah, jika kamu sedang mencari produk skincare untuk kulit glowing dan kenyal, yuk kenalan dengan produk NEUTROGENA® yang memiliki kandungan skincare yang dibutuhkan untuk membuat kulit glowing dan kenyal. Kira-kira apa saja, ya? Simak penjelasannya di bawah ini yuk:
 
  1. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel
    Kamu sedang mencari pelembap atau moisturizer untuk membantu mendapatkan kulit glowing dan kenyal? NEUTROGENA® Hydro Boost Water Gel bisa jadi pilihan yang tepat! Pelembap dengan tekstur water gel ringan yang dilengkapi dengan Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex yang menyerupai pelembap alami kulit, NEUTROGENA® Hydro Boost Water Gel dapat membantu menjaga kekuatan skin barrier, menjaga vitalitas kulit, menghidrasi 5x lebih banyak* agar kulit terasa lembut, kencang, kenyal, dan bercahaya.
    Tak hanya itu, NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel ini juga diformulasikan tanpa minyak, non-comedogenic, dan telah teruji klinis oleh dermatologis sehingga bisa digunakan bagi semua tipe kulit yang ingin merawat kulitnya agar tampil glowing dan kenyal.
     
  2. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Serum
    Rekomendasi skincare untuk kulit glowing dan kenyal yang kedua adalah NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Serum. Serum ini diformulasikan dengan bursting hyaluronic pearl yang berisi konsentrat serum untuk membantu menghidrasi kulit serta kandungan gliserin yang dapat memberikan kelembapan hingga menembus lapisan ke-9 dalam permukaan kulit terluar agar kulitmu lebih halus dan terasa kenyal. 
    Buat kamu yang tak suka serum dengan tekstur kental, NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Serum bisa jadi opsi yang tepat sebab teksturnya ringan lantaran memiliki kandungan 17% kompleks hidrasi sehingga menyerap cepat pada kulit. Serum ini juga dilengkapi hyaluronic acid mikro + makro untuk menghidrasi ke dalam permukaan kulit, serta pro-vitamin B5 dan teknologi prebiotik untuk membantu menjaga keremajaan dan merawat kulit agar terlihat sehat. 
     
  3. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Night Cream
    Rekomendasi skincare untuk kulit glowing dan kenyal yang ketiga adalah NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Night Cream. Produk ini bisa melengkapi skincare routine-mu di malam hari dan menjadi opsi yang tepat jika kamu ingin bangun tidur dengan kulit yang tampak sehat, lembap, dan kenyal!
     
    Krim malam yang melembapkan dan mengencangkan ini diformulasikan dengan kandungan peptide untuk mempertahankan kekencangan dan elastisitas kulit di malam hari serta dilengkapi Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex yang dapat menjaga kekuatan skin barrier-mu dan menghidrasinya 5x lebih banyak*8 sepanjang malam, sehingga kulitmu tampak sehat bercahaya dan garis halus serta kerutan pada wajah bisa tersamarkan.
     
    Untuk mendapatkan produk ini, kamu bisa mengunjungi toko terdekat atau berkunjung ke Official Store NEUTROGENA® di marketplace favorit kamu, lho. Untuk info selengkapnya, kamu bisa klik di sini.
 
Sekian tulisan tentang langkah mudah mendapatkan kulit glowing dan kenyal di hari raya. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang berjuang untuk mendapatkan tampilan kulit yang lebih glowing dan kenyal, ya! 
 
Jika kamu sudah melakukan beberapa cara yang disebutkan di atas, namun kulitmu belum juga memperlihatkan hasil yang diinginkan, silakan untuk konsultasi ke dokter kulit agar bisa ditangani dengan perawatan yang tepat dan akurat, ya. Semoga berhasil! 
 
Related Products: 
Artikel Terkait

shutterstock_1676732809_1_1_1.jpg

shutterstock_1676732809_1_1_1.jpg

Cara Mudah Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Baca Sekarang

artikel-2.jpg

artikel-2.jpg

Punya Kulit Kering dan Kasar? Ini 5 Cara untuk Merawatnya!

Baca Sekarang

<

artikel-1.jpg

artikel-1.jpg

Tips Memaksimalkan Kekuatan Hyaluronic Acid agar Hidrasi Lebih Optimal

Baca Sekarang

Sources: 
1 Halodoc. 24 May 2020. Jelang Lebaran, 7 Tips Merawat Kecantikan Kulit. Diakses pada 24 Maret 2023, dari https://www.halodoc.com/artikel/jelang-lebaran-7-tips-merawat-kecantikan....
 
2 Leonard, Jayne. 27 Mei 2021. How to Get Glowing Skin. Diakses pada 24 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-glowing-skin#what-i....
 
3 Leonard, Jayne. 27 Mei 2021. How to Get Glowing Skin. Diakses pada 24 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-glowing-skin#what-i....
 
4 Leonard, Jayne. 27 Mei 2021. How to Get Glowing Skin. Diakses pada 24 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-glowing-skin#what-i....
 
5 Leonard, Jayne. 27 Mei 2021. How to Get Glowing Skin. Diakses pada 24 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-glowing-skin#what-i....
 
6 Halodoc. 8 Juni 2018. 5 Tips Agar Kulit Cantik saat Lebaran. Diakses pada 24 Maret 2023, dari https://www.halodoc.com/artikel/5-tips-agar-kulit-cantik-saat-lebaran.
 
7 Bellefonds, de Colleen. 19 Agustus 2022. Why Hyaluronic Acid is Often Paired with Vitamin C in Skin Care Products. Diakses pada 24 Maret 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hyaluronic-acid-and-v....
 
8 *dibandingkan kontrol tanpa perawatan.