Skip to main content

Manfaat Hyaluronic Acid dalam Produk Skincare, Apa Saja?

Manfaat Hyaluronic Acid dalam Produk Skincare, Apa Saja?

Manfaat Hyaluronic Acid dalam Produk Skincare, Apa Saja?

artikel_5_april1.jpg

Apakah kamu pernah mendengar hyaluronic acid? Akhir-akhir ini, bahan tersebut menjadi salah satu kandungan “primadona” dalam produk skincare yang marak diburu banyak orang. Umumnya, hyaluronic acid bisa ditemukan dalam berbagai produk mulai dari cleanser, moisturizer, serum, krim wajah, hingga sunscreen
 
Sebagai bahan aktif yang cukup multifungsi, bisa dikatakan bahwa hyaluronic acid ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulitmu. Lantas, apa saja manfaat hyaluronic acid? Simak terus artikel ini sampai habis, ya!
 
Apa Itu Hyaluronic Acid?
Dilansir dari Cleveland Clinic, hyaluronic acid atau asam hialuronat adalah zat bening dengan tekstur lekat yang sebenarnya sudah diproduksi secara alami oleh tubuh. Umumnya, zat ini dapat ditemukan di area mata, otot, termasuk juga di kulit.1
 
Namun, seiring bertambahnya usia, kadar hyaluronic acid dalam tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, tubuh—termasuk kulitmu—memerlukan suplai tambahan hyaluronic acid agar kondisinya tetap optimal, misalnya dengan mengonsumsi suplemen atau menggunakan serum, moisturizer, dan produk sejenis yang mengandung hyaluronic acid di dalamnya.
 
Manfaat Hyaluronic Acid
Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa hyaluronic acid menjadi kandungan skincare yang cukup penting. Mengapa? Menurut Healthline, zat ini merupakan komponen utama yang memberikan struktur pada kulit serta memelihara tampilan kulitmu agar tetap terhidrasi dan kenyal.2
 
Untuk mengetahui manfaat hyaluronic acid lebih lanjut, yuk simak penjelasan lengkapnya pada tulisan di bawah ini:
 
  1. Menjaga Kesehatan dan Kekenyalan Kulit
    Merawat kulit dengan rutin mengonsumsi suplemen atau menggunakan skincare yang mengandung hyaluronic acid bisa memberikan ekstra hidrasi untuk menjaga kesehatan serta kekenyalan kulitmu, lho!  
     

    Hal ini terbukti secara ilmiah melalui sebuah studi yang dimuat Nutrition Journal. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa konsumsi 120-240 mg suplemen hyaluronic acid setiap hari selama satu bulan mampu meningkatkan kelembapan kulit dan meredakan kondisi kulit kering pada orang dewasa.3

     
    Nah, dari hasil studi tersebut bisa disimpulkan bahwa penggunaan hyaluronic acid yang rutin mampu merawat, memperbaiki, serta melembapkan kulit sehingga tampilan kulit menjadi lebih sehat. Jadi, apakah kamu tertarik mencoba hyaluronic acid?
     
  2. Menghidrasi Kulit
    Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu manfaat hyaluronic acid yang lainnya adalah menghidrasi kulit. Jika kamu punya masalah kulit kering, kamu bisa mencoba produk yang mengandung hyaluronic acid untuk membantu merawatnya!
     
    Dilansir dari Healthline, zat ini mampu mencegah transepidermal water loss (TEWL), lho. Apa maksudnya? TEWL ada peristiwa hilangnya kadar air dalam kulit melalui evaporasi. Nah, hyaluronic acid memiliki kemampuan yang efektif untuk mengikat dan menahan kadar air hingga 1000 kali di dalam kulit sehingga kulitmu tetap terjaga kelembapannya.4
     
    Tak hanya itu, studi yang dimuat The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology juga pernah meneliti hubungan hidrasi kulit dengan hyaluronic acid. Dalam studi tersebut, 33 wanita yang dijadikan subjek penelitian menunjukkan peningkatan hidrasi pada kulitnya hingga 96% setelah menggunakan hyaluronic acid secara topikal.5
     
  3. Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan Dini
    Manfaat hyaluronic acid lainnya adalah memperlambat penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan dini bisa muncul karena kadar hidrasi pada kulit mengalami penurunan. 
     
    Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan skincare anti-aging yang mengandung hyaluronic acid. Menurut Medical News Today, hyaluronic acid dapat membantu menghaluskan tampilan kerutan pada wajah dan merawat kekencangan serta elastisitas kulit.6
     
    Lebih lanjut, sebuah penelitian yang dipublikasikan The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology juga mengemukakan bahwa penggunaan skincare dengan kandungan hyaluronic acid sebanyak 2 kali sehari dalam 8 minggu terbukti dapat menghaluskan kerutan sebanyak 40% dan merawat elastisitas kulit hingga 55%.7
     
  4. .Memperkuat dan Menjaga Skin Barrier
    Seperti yang kita tahu, skin barrier yang kuat adalah kunci utama untuk memperoleh kulit yang sehat. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan skin barrier menjadi terganggu, salah satunya adalah kurangnya tingkat hidrasi pada kulit.
     
    Ketika kulitmu kurang hidrasi dan menjadi kering, fungsi skin barrier-mu akan melemah dan menyebabkan kulitmu lebih rentan terhadap iritasi, infeksi, dan berbagai macam gangguan kulit lain seperti kemerahan hingga jerawat.
     
    Untuk menjaga kondisi skin barrier agar tetap optimal, kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung hyaluronic acid! Yup, kandungan ini diketahui dapat membantu menjaga kelembapan kulit dengan mengikat dan menahan kadar air dalam kulit, sehingga fungsi skin barrier tetap terjaga.
Rekomendasi Skincare dengan Hyaluronic Acid
Setelah mengetahui beragam manfaat hyaluronic acid pada bahasan di atas, pastikan produk yang kamu gunakan dalam skincare routine-mu sudah mengandung hyaluronic acid agar tampilan kulitmu tetap sehat dan lembap, ya!
 
Jika kamu masih bingung memilih produk skincare yang mengandung hyaluronic acid, yuk simak rekomendasi di bawah ini:
 
  1. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel
    Kamu sedang mencari moisturizer dengan kandungan hyaluronic acid? NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel adalah jawabannya! Seperti namanya, pelembap ini mengandung hyaluronic acid dan memiliki tekstur water gel ringan yang dilengkapi Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex untuk menjaga kekuatan skin barrier, menjaga vitalitas kulit, menghidrasi 5x lebih banyak*8 agar kulitmu terasa lembut, kencang, kenyal, dan bercahaya.
     
    Tak hanya itu, NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel ini juga diformulasikan tanpa minyak, non-comedogenic, dan telah teruji klinis oleh dermatologis sehingga bisa digunakan bagi semua tipe kulit.
     
  2. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Serum
    Jika kamu mencari serum yang mengandung hyaluronic acid dan bisa memberikan ekstra hidrasi pada kulitmu, kamu bisa memilih NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Serum untuk kamu gunakan ke dalam skincare routine-mu.
     

    Serum yang satu ini dapat membantumu meraih kulit glowing, kenyal, dan sehat dengan kandungan bursting hyaluronic pearl dan 17% hydration complex yang ada di dalamnya. Kamu bisa mengaplikasikan serum ini sebelum memakai NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel.

     
  3. NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Night Cream
    Ingin bangun tidur di pagi hari dengan kulit yang tampak sehat, lembap, dan kenyal? Kamu bisa menambahkan NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Night Cream untuk melengkapi skincare routine-mu di malam hari.
     
    Krim malam yang satu ini diformulasikan dengan kandungan peptide untuk mempertahankan kekencangan dan elastisitas kulit di malam hari serta dilengkapi Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex untuk menjaga kekuatan skin barrier dan menghidrasinya 5x lebih banyak*9 sepanjang malam, sehingga kulitmu tampak sehat bercahaya dan garis halus serta kerutan pada wajah bisa tersamarkan.
     
Nah, itu dia beberapa manfaat hyaluronic acid pada skincare dan beberapa rekomendasi produknya. Jika kamu tertarik mencoba rangkaian NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Series, kamu bisa mendapatkannya di Official Store Shopee, Tokopedia, Lazada, ataupun drugstore kesayanganmu. 
 
Jangan lupa untuk cek website NEUTROGENA® untuk mengetahui produk lain yang tersedia atau membaca artikel informatif lainnya di sini. Semoga bermanfaat!
 
Related Products:
Artikel Terkait

artikel-2.jpg

artikel-2.jpg

Punya Kulit Kering dan Kasar? Ini 5 Cara untuk Merawatnya!

Baca Sekarang

<

artikel-1.jpg

artikel-1.jpg

Tips Memaksimalkan Kekuatan Hyaluronic Acid agar Hidrasi Lebih Optimal

Baca Sekarang

artikel-2.jpg

artikel-2.jpg

Revolusi Wajah: Cara Mengatasi Kulit Kering yang Tepat

Baca Sekarang

Sources:
1 Cleveland Clinic. 4 Mei 2022. “Hyaluronic Acid”. Diakses pada 27 Maret, dari https://my.clevelandclinic.org/health/articles/22915-hyaluronic-acid.
 
2 Healthline. 8 Maret 2019. “Why Science Says Hyaluronic Acid Is the Holy Grail to Wrinkle-Free, Youthful Hydration”. Diakses pada 27 Maret, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hyaluronic-acid.
 
3 Kawada, Chinatsu, Takushi Yoshida, Hideto Yoshida, Ryosuke Matsuoka, Wakako Sakamoto, Wataru Odaka, Toshihide Sato, et al. 2014. “Ingested Hyaluronan Moisturizes Dry Skin.” Nutrition Journal 13 (70): 2-9.
 
4  Healthline. 8 Maret 2019. “Why Science Says Hyaluronic Acid Is the Holy Grail to Wrinkle-Free, Youthful Hydration”. Diakses pada 27 Maret 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hyaluronic-acid.
 
5 Jegasothy, S. Manjula, Valentina Zabolotniaia, and Stephan Bielfeldt. 2014. “Efficacy of a New Topical Nano-hyaluronic Acid in Humans.” The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology 7 (3): 27-29.
 
6 Medical News Today. 22 Maret 2021. “11 Benefits of Hyaluronic Acid for the Face and Body”. Diakses pada 27 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/hyaluronic-acid-benefits.
 
7 Jegasothy, S. Manjula, Valentina Zabolotniaia, and Stephan Bielfeldt. 2014. “Efficacy of a New Topical Nano-hyaluronic Acid in Humans.” The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology 7 (3): 27-29.
 
8 *dibandingkan kontrol tanpa perawatan.
 
9 *dibandingkan kontrol tanpa perawatan.