Skip to main content

Pria Juga Butuh Perawatan, Ini 3 Rekomendasi Skincare Pria yang Bisa Dicoba

Pria Juga Butuh Perawatan, Ini 3 Rekomendasi Skincare Pria yang Bisa Dicoba

Pria Juga Butuh Perawatan, Ini 3 Rekomendasi Skincare Pria yang Bisa Dicoba

may_article_-_51.jpg

Dulu, penggunaan skincare sering dianggap eksklusif hanya untuk kaum wanita. Namun, seiring berjalannya waktu, kesadaran akan pentingnya perawatan kulit juga semakin meningkat di kalangan pria. Tak heran, sekarang banyak kaum adam yang mulai mencari rekomendasi skincare pria untuk memelihara kulitnya agar tetap sehat dan terawat.
 
Dukungan terhadap pernyataan di atas datang dari data milik Healthline, yang menemukan bahwa produk perawatan pria diproyeksikan meningkat pesat melampaui angka $60 miliar pada akhir dekade ini.1 Temuan tersebut secara tidak langsung menjelaskan bahwa kaum pria di era modern ini sudah mulai meninggalkan pemikiran konservatif yang menganggp perawatan kulit hanya ditujukan untuk wanita. 
 

Nah, dalam artikel ini, NEUTROGENA® akan membahas mengapa penggunaan skincare penting bagi pria, langkah-langkah skincare routine pria yang tepat, beserta rekomendasi skincare pria yang sesuai untuk membantu mendapatkan kulit yang sehat dan terawat. Jadi, simak terus tulisan ini untuk bahasan lengkapnya, ya!

Mengapa Pria Memerlukan Skincare?
Jika kamu masih mengabaikan pentingnya perawatan kulit untuk pria, berikut adalah beberapa alasan yang akan memberikan pemahaman tentang pentingnya skincare untuk pria dan memotivasi kamu untuk mulai mencari rekomendasi skincare pria yang dapat membantu merawat kulitmu dengan efektif.

  1. Perbedaan Fisiologis Kulit Pria dan Wanita
    Tahukah kamu? Kulit pria ternyata memiliki epidermis dan dermis yang lebih tebal dan mengandung lebih banyak kolagen dibanding kulit wanita, lho. Kondisi ini sebenarnya menunjukkan bahwa kulit pria secara alami lebih kuat dan tahan lama.2
    Namun, penurunan hormon testosteron membuat kulit pria mengalami penipisan seiring bertambahnya usia.3 Nah, kondisi kulit yang menipis ini menjadi lebih rentan terhadap permasalahan kulit, seperti penuaan dini, kulit kering, iritasi, dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan rekomendasi skincare pria yang tepat.
     
  2. Produksi Sebum Lebih Tinggi
    Menurut Journal of Drugs in Dermatology, kulit pria cenderung memproduksi sebum yang lebih tinggi dibandingkan kulit wanita.4 Keberadaan sebum sebenarnya tidak sepenuhnya buruk karena dapat membantu menjaga kelembapan kulit.5 Akan tetapi, produksi sebum yang berlebihan berpotensi menyumbat pori-pori. 

    Kondisi ini kemudian menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar dan mendorong tumbuhnya permasalahan kulit paling umum pada pria, yaitu jerawat.6 Oleh karena itu, penting untuk memilih rekomendasi skincare pria yang dapat membantu mengontrol produksi sebum berlebih dengan baik agar risiko jerawat bisa dihindari.

     
  3. Rentan Terkena Polusi
    Seperti yang kita tahu, kaum pria pada umumnya memiliki gaya hidup yang aktif. Mereka seringkali menghabiskan waktu di luar ruangan, baik untuk bekerja maupun berolahraga. Nah, hal ini membuat kaum pria lebih berisiko terpapar polusi udara secara terus-menerus.
    Paparan polusi udara yang berkelanjutan ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit, salah satunya adalah mengganggu skin barrier dan menyebabkan stres oksidatif pada kulit. Akibatnya, kulit menjadi rentan terhadap berbagai masalah kulit.7 Untuk melindungi kulit dari efek polusi, diperlukan rekomendasi skincare pria yang dapat merawat skin barrier.
Nah, 3 faktor di atas menjadi alasan mengapa penggunaan skincare penting bagi kaum pria. Dengan memilih rekomendasi skincare pria yang tepat dan rutin mengaplikasikannya setiap hari mampu membantu kulit pria agar tetap sehat, terawat, dan terlindung dari permasalahan kulit. Jadi, kamu sudah siap merawat kulitmu mulai hari ini belum?
 
Basic Skincare Routine untuk Pria
Setelah menyadari pentingnya skincare bagi pria, memahami tahapan rutin skincare harian juga menjadi hal yang tak kalah penting. Mengapa demikian? Karena salah satu alasan yang membuat pria enggan menggunakan skincare adalah tahapan skincare yang dinilai rumit dan memakan waktu. Padahal, skincare routine tidak selalu kompleks kok! 

Jika kamu tidak suka hal yang ribet, kamu bisa mengikuti basic skincare routine yang terdiri atas 3 tahapan saja. Ingin tahu detailnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah.

  1. Cleansing
    Tahapan skincare routine yang pertama untuk pria adalah cleansing atau membersihkan wajah. Tahapan ini bisa dibilang penting dan tidak boleh diabaikan, khususnya bagi kaum pria yang sering terpapar polusi dan menghabiskan waktu seharian di luar ruangan.
    Pada tahap cleansing, kamu diminta untuk membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka. Mengingat kulit pria pada umumnya cenderung berminyak akibat produksi sebum yang tinggi, kamu dapat menggunakan sabun cuci muka yang oil-free guna mengontrol kelebihan minyak dan kilap pada wajah.
     
  2. Moisturizing
    Selesai membersihkan wajah, kamu bisa lanjut ke tahap moisturizing atau pengaplikasian pelembap. Salah satu kesalahan yang umum dilakukan pria saat menggunakan skincare adalah melewatkan pelembap pada rutinitas hariannya.
    Mengapa demikian? Banyak dari mereka menganggap bahwa pelembap hanya akan membuat tampilan kulit semakin berminyak. Padahal, kehadiran pelembap sebenarnya dapat membantu mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit.8
    Nah, jika kamu ingin mencari pelembap wajah pria yang nyaman digunakan sehari-hari, kamu bisa memilih produk pelembap yang teksturnya ringan dan cepat menyerap sehingga tidak meninggalkan sensasi lengket pada kulit.
     
  3. Protecting
    Tahapan skincare routine untuk pria yang terakhir adalah penggunaan sunscreen. Jika kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan dan terpapar langsung sinar matahari, pastikan kamu tidak lupa mengaplikasikan produk ini pada tahap akhir skincare routine-mu di pagi hari.

    Sesuai anjuran dari American Academy of Dermatology (AAD), pengaplikasian sunscreen disarankan setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.9 Lebih lanjut, AAD juga merekomendasikan untuk memilih sunscreen dengan minimal SPF 30 atau lebih dan melakukan reapply setiap 2 jam sekali.10
    Untuk proteksi yang maksimal selama beraktivitas, kamu bisa memilih produk sunscreen dengan perlindungan broad spectrum yang dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB.

Rekomendasi Skincare Pria untuk Kulit Sehat dan Terawat
Setelah membahas pentingnya skincare untuk pria beserta tahapan skincare routine-nya, pasti kamu sekarang bertanya-tanya kira-kira produk skincare apa yang cocok digunakan untuk pria. 
Tak perlu khawatir, NEUTROGENA® sudah menyusun beberapa rekomendasi skincare pria yang bisa kamu coba untuk membantu menjaga kulitmu agar sehat dan terawat. Yuk, simak rekomendasi lengkapnya di bawah ini!
 
  1. NEUTROGENA® Oil-Free Acne Wash
    Rekomendasi skincare pria yang pertama adalah NEUTROGENA® Oil-Free Acne Wash. Sabun cuci muka yang dirancang dengan Microclear Technology ini dapat membantu membersihkan dan merawat kulit berminyak dan berjerawat dalam satu langkah. Formulanya yang oil-free dan non-comedogenic dirancang untuk membantu mengurangi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan lembut tanpa membuat kulit terlalu kering.
     
  2. Neutrogena® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel
    Rekomendasi skincare pria yang kedua adalah NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel. Seperti namanya, pelembap wajah pria ini bertekstur water gel ringan yang dilengkapi Natural Moisturizing Factor (NMF) Complex untuk menjaga kekuatan skin barrier dan vitalitas kulit serta menghidrasinya 5x lebih banyak*11dibandingkan kontrol tanpa perawatan.] agar kulitmu terasa lembut, kencang, kenyal, dan bercahaya.
     
  3. Neutrogena® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen 
    Rekomendasi skincare pria yang terakhir adalah NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen. Sunscreen broad-spectrum dengan Teknologi Helioplex™ ini dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB, serta cocok digunakan untuk aktivitas di luar ruangan karena bertekstur ringan, tahan air, dan tangan keringat. Tak hanya itu, sunscreen ini juga dilengkapi Teknologi Dry-Touch yang dapat menjaga kulit dari kilau minyak berlebih dan tidak menyumbat pori-pori. Jangan lupa baca cara penggunaan dan peringatan yang tercantum di kemasan.
     

Sekian bahasan pentingnya skincare bagi pria beserta rekomendasi produknya. Semoga kamu jadi lebih sadar akan pentingnya merawat kulit dan dapat menemukan produk skincare yang sesuai dengan kebutuhanmu. Percayalah, dengan perawatan yang tepat dan rutin, kulitmu akan terjaga kesehatannya dan terlihat lebih baik. 

Jika kamu tertarik mencoba rangkaian produk NEUTROGENA® yang disebutkan di atas, kamu bisa mendapatkannya langsung di Official Store Shopee, Tokopedia, Lazada, ataupun drugstore kesayanganmu. Yuk, mulai rawat kulitmu sekarang juga!

 

Related Products: 

Artikel Terkait

artikel-5.jpg

artikel-5.jpg

Gliserin untuk Kulit: Mengapa Gliserin Adalah Pertahanan untuk Kulit Kering

Baca Sekarang

artikel-1.jpg

artikel-1.jpg

Kenali Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Merawatnya!

Baca Sekarang

artikel_5.jpg

artikel_5.jpg

Basic Skincare untuk Merawat Skin Barrier, Apa Saja yang Digunakan?

Baca Sekarang

Sources:
American Academy of Dermatology Association. 7 September 2022. “Sunscreen FAQs”. Diakses pada 20 Juni 2023, dari https://www.aad.org/media/stats-sunscreen.
 

Health. 28 November 2022. “The 13 Best Moisturizers for Oily Skin of 2023”. Diakses pada 20 Juni 2023, dari https://www.health.com/best-moisturizers-for-oily-skin-6752877.

 
Healthline. 8 Maret 2019. “The Effortless' Man’s Guide to Basic Skincare”. Diakses pada 20 Juni 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/male-skin-care-guide.
 
Makino, Elizabeth, Jiang Lily, Tan Priscila, Tsing Cheng, Mehta Rahul. Maret 2018. “Addressing Male Facial Skin Concerns: Clinical Efficacy of a Topical Skincare Treatment Product for Men”. Journal of Drugs in Dermatology 17, no. 3 (March). https://jddonline.com/articles/addressing-male-facial-skin-concerns-clin....
 
Medical News Today. 14 Desember 2020. “What is Sebum?”. Diakses pada 13 Maret 2023, dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/sebum.
 

Puri, Poonam, Nandar Sashi, Kathuria Sushruta, Ramesh V. 2017. “Effects Air Pollution on the Skin: A Review”. Indian Journal of Dermatology, Venereology, Leprology. https://ijdvl.com/effects-of-air-pollution-on-the-skin-a-review/.