Skip to main content

Suka Olahraga? Ini Tips Memilih Sunscreen agar Tidak Mudah Luntur!

Suka Olahraga? Ini Tips Memilih Sunscreen agar Tidak Mudah Luntur!

Suka Olahraga? Ini Tips Memilih Sunscreen agar Tidak Mudah Luntur!

may_article_-_21.jpg

Kamu suka olahraga? Jika iya, kamu pasti menyadari betapa pentingnya mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Tapi, sudah tahukah kamu soal tips memilih sunscreen yang tepat untuk berolahraga? Jika belum, silakan simak terus tulisan ini sampai akhir, ya!
 
Penggunaan sunscreen saat olahraga adalah suatu kewajiban, apalagi jika kamu memilih untuk olahraga di ruang terbuka dan terpapar langsung sinar matahari. Dilansir dari Healthline, 95% sinar matahari yang mencapai ke bumi adalah sinar UVA yang berpotensi menyebabkan sunburn, penuaan dini, bahkan kanker kulit untuk efek jangka panjang.1
 
Dengan menggunakan sunscreen sebelum berolahraga, kamu dapat membantu memproteksi kulitmu agar terhindar dari efek buruk sinar matahari. Hal ini dikarenakan kandungan aktif pada sunscreen telah diformulasikan untuk menyerap atau menyaring sinar UVA/UVB agar memberikan perlindungan yang efektif pada kulit.
 
Sayangnya, beberapa formula sunscreen tertentu ditemukan cenderung mudah luntur saat berkeringat. Tentunya, hal demikian bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu agenda olahragamu. Nah, agar aktivitas olahragamu tetap lancar dengan kulit yang terproteksi maksimal, silakan intip tips memilih sunscreen yang tepat di bawah ini, yuk!
 
Tips Memilih Sunscreen agar Tidak Mudah Luntur saat Olahraga
Meski saat ini banyak produk sunscreen di pasaran, tapi tidak semua sunscreen cocok digunakan untuk olahraga atau beraktivitas di ruangan terbuka, lho. Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat hendak memilih sunscreen untuk olahraga.
 
  1. Cari Sunscreen dengan Fitur Broad Spectrum Protection
    Tips memilih sunscreen untuk olahraga yang pertama adalah selalu pilih sunscreen yang menawarkan fitur broad spectrum protection. Menurut American Academy of Dermatology, broad spectrum protection berarti sunscreen tersebut mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.2
     
    Salah satu kandungan populer yang sering ditemukan pada broad spectrum sunscreen adalah oxybenzone. Menurut laporan dari Healthline, kandungan ini dinilai efektif dalam menyaring sinar UVB dan UVA, serta membantu melindungi kulit dari efek buruk akibat paparan sinar matahari.3
     
    Dengan menggunakan sunscreen jenis ini saat berolahraga, kulitmu bisa mendapatkan perlindungan yang lebih komprehensif dari efek buruk sinar matahari, seperti penuaan dini dan hiperpigmentasi. Coba dicek sekarang, sunscreen punyamu sudah memiliki fitur broad spectrum protection belum?
     
  2. Pilih Sunscreen dengan SPF 30 atau Lebih
    Tips memilih sunscreen untuk olahraga yang kedua adalah menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Menurut Cleveland Clinic, sunscreen dengan SPF 30 sebenarnya sudah cukup. Namun, kebanyakan orang ditemukan jarang melakukan reapply berkala, sehingga sunscreen dengan SPF tinggi mungkin diperlukan.4
     
    Kendati demikian, SPF yang lebih tinggi tidak menjamin perlindungan total dari sinar matahari. Dilansir dari American Academy of Dermatology, SPF 30 dapat memblokir
     
    97% radiasi sinar UVB, sementara SPF 50 mampu memblokir 98% radiasi sinar UVB. Namun, tidak ada sunscreen yang mampu melindungi kulit 100% dari sinar matahari.5
     
    Maka dari itu, Dr. Susan Chon, MD dari The University of Texas menyarankan kamu untuk tetap memperlakukan sunscreen dengan SPF lebih tinggi seperti menggunakan sunscreen dengan SPF 30. Artinya, reapply secara berkala sesuai anjuran tetap diperlukan untuk perlindungan kulit yang optimal.6
     
  3. Cari Sunscreen dengan Tekstur Ringan
    Tips memilih sunscreen untuk olahraga yang ketiga adalah mencari sunscreen dengan tekstur ringan. Saat berolahraga, tubuhmu akan memproduksi lebih banyak keringat, sehingga menggunakan sunscreen yang teksturnya ringan akan terasa lebih nyaman dan tidak menimbulkan rasa lengket di kulit.
     
    Selain itu, sunscreen dengan tekstur ringan juga lebih mudah menyerap ke dalam kulit dan tidak akan mengganggu pergerakanmu saat berolahraga. Jika kamu berencana mencari sunscreen dengan tekstur ringan, pastikan produk tersebut mengandung bahan non-comedogenic dan memiliki label "oil-free".
     
    Dengan menggunakan sunscreen bertekstur ringan yang berlabel non-comedogenic dan oil-free, kulitmu akan terlindungi dari pori-pori tersumbat akibat keringat saat berolahraga, serta mengurangi risiko wajah terlihat berkilau karena tingginya produksi keringat yang bisa membuat sunscreen menjadi luntur.
     
  4. Pilih Sunscreen yang Tahan Air dan Keringat
    Tips memilih sunscreen untuk olahraga yang terakhir adalah memastikan produk tersebut memiliki formulasi tahan air dan keringat. Untuk mengetahui apakah sunscreen milikmu bersifat tahan air dan keringat, coba periksa label “water-resistant” yang tertera pada kemasan produk, ya!
     
    Sunscreen dengan formula water-resistant dirancang untuk kegiatan olahraga atau situasi di mana kamu mengeluarkan banyak keringat. Berbeda dengan sunscreen pada umumnya, formula water-resistant dalam sunscreen membuatnya efektif melindungi kulit meski terpapar air dan keringat dalam jangka waktu tertentu.
     

    Umumnya, sunscreen water-resistant akan bertahan di kulit yang berkeringat atau terkena air selama 40-80 menit saja. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk reapply sunscreen secara teratur setelah melewati waktu tersebut.7

 
Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar saat Berolahraga
Setelah mengetahui tips memilih sunscreen yang tepat untuk olahraga, pastikan kamu juga mengaplikasikannya dengan benar agar kulitmu terlindungi secara maksimal selama berolahraga. Jika kamu masih bingung, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:
 
  1. Pastikan Kulit Wajahmu Bersih
    Cara menggunakan sunscreen yang pertama adalah membersihkan wajahmu terlebih dahulu dengan cleanser. Wajah yang bersih dan terbebas dari kotoran serta minyak dapat membantu penyerapan dan efektivitas penggunaan sunscreen lebih baik.
     
    Salah satu rekomendasi cleanser yang bisa kamu coba adalah NEUTROGENA® Extra Gentle Cleanser. Diformulasikan tanpa sabun, cleanser ini dapat membersihkan wajahmu dengan lembut dan membantu menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal.
     
  2. Gunakan Pelembap
    Cara menggunakan sunscreen yang kedua adalah mengaplikasikan pelembap sebelum sunscreen. Pelembap ini akan membantu meratakan penyerapan sunscreen ke seluruh wajah agar lebih efektif dalam melindungi kulitmu dari sinar matahari.
     
    Salah satu pilihan pelembap yang bisa kamu gunakan adalah NEUTROGENA® Hydro Boost Hyaluronic Acid Water Gel. Pelembap ini dilengkapi Natural Moisturizing Factor (NMF) yang dapat membantu menjaga kekuatan skin barrier-mu dan menghidrasinya 5x lebih banyak*8, sehingga kulitmu terasa lembut, kencang, kenyal, dan bercahaya.
     
  3. Aplikasikan Sunscreen 15 Menit sebelum Berolahraga
    Tahukah kamu? Bahan aktif dalam sunscreen harus meresap terlebih dahulu ke dalam kulit terluar sebelum memberikan perlindungan yang optimal, lho. Fakta ini didukung oleh American Academy of Dermatology yang menjelaskan bahwa sunscreen membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menyerap dan memproteksi kulit.9
     
    Maka dari itu, cara menggunakan sunscreen yang ketiga adalah mengaplikasikannya 15 menit sebelum berolahraga. Dengan begitu, sunscreen dapat menyerap sepenuhnya ke kulit terluar dan melindungi kulitmu dari sinar matahari dengan baik. Oh iya, pastikan juga mengoleskan sunscreen sebanyak 2 ruas jari untuk perlindungan yang optimal, ya!
     
  4. Reapply Setiap 2 Jam Sekali
    Menurut American Academy of Dermatology, salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terkena sunburn saat tengah berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan adalah kebiasaan lupa reapply sunscreen sesuai anjuran.10
     
    Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tetap membawa sunscreen kesayanganmu saat berolahraga agar kamu dapat mengoleskannya kembali kapanpun diperlukan. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir kulitmu akan terbakar atau terkena risiko dari efek buruk sinar matahari.
Rekomendasi Sunscreen untuk Olahraga
Jika kamu sedang mencari sunscreen yang dapat melindungi kulitmu selama berolahraga, kamu bisa coba NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen. Dilengkapi dengan perlindungan broad-spectrum dan Teknologi Helioplex™, sunscreen NEUTROGENA® ini dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB saat kamu berolahraga di ruangan terbuka.
 
Tekstur ringan, tahan air, dan tahan keringat dari NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen juga menjadikannya ideal untuk digunakan saat berolahraga atau kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat. Selain itu, sunscreen NEUTROGENA® ini dirancang dengan Teknologi Dry-Touch yang menjaga kulitmu dari kilau minyak berlebih dan tidak menyumbat pori-pori.
 
Selain manfaat di atas, NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen juga hadir dalam ukuran 88 ml, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika harus sering-sering reapply sunscreen saat berolahraga. Kemasannya yang didesain dengan ukuran jumbo akan jauh lebih awet dan membuatmu termotivasi untuk mengaplikasikan sunscreen secara berkala.
 
Demikian bahasan tentang tips memilih sunscreen yang tepat untuk berolahraga serta cara pengaplikasiannya yang benar. Semoga bisa menjawab segala kebingunganmu, ya! Jika kamu tertarik mencoba NEUTROGENA® Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen atau produk NEUTROGENA® lainnya, kamu bisa mendapatkannya di Official Store Shopee, Tokopedia, Lazada, ataupun drugstore kesayanganmu. Selamat mencoba!
 
     BACA CARA PENGGUNAAN DAN PERINGATAN
 
 
Related Products:
 
Artikel Terkait

artikel-1.jpg

artikel-1.jpg

Tips Memaksimalkan Kekuatan Hyaluronic Acid agar Hidrasi Lebih Optimal

Baca Sekarang

artikel-2.jpg

artikel-2.jpg

Revolusi Wajah: Cara Mengatasi Kulit Kering yang Tepat

Baca Sekarang

artikel-3.jpg

artikel-3.jpg

Rekomendasi Skincare yang Bagus untuk Wanita Masa Kini

Baca Sekarang

Sources:
American Academy of Dermatology. 25 Mei 2021. “Confused About Sunscreen? New American Academy of Dermatology Survey Shows Americans Need A Refresher on Sunscreen Application and SPF”. Diakses pada 19 Juni 2023, dari https://www.aad.org/news/aad-survey-shows-americans-need-sunscreen-educa.... American Academy of Dermatology. “How to Apply Sunscreen”. Diakses pada 19 Juni 2023, dari https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/shade-clothing-s... y-sunscreen.
 
American Academy of Dermatology. “How to Decode Sunscreen Labels”. Diakses pada 19 Juni 2023, dari https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/shade-clothing-s... sunscreen-labels.
 
Cleveland Clinic. 23 Maret 2023. “Love Outdoor Workouts and Sports? Don’t Forget Your Sunscreen”. Diakses pada 19 Juni 2023, https://health.clevelandclinic.org/7-sunscreen-tips-especially-for-outdo....
 
Healthline. 14 Juni 2019. “What Sunscreens Ingredients to Look for - and Which Banned Ones to Avoid”. Diakses pada 19 Juni 2023, dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/best-sunscreen-ingred....
 
Healthline. “What’s the Difference Between UVA & UVB Rays?”. Diakses pada 19 Juni 2023, dari https://www.healthline.com/health/skin/uva-vs-uvb#about-uva-rays.
 
Nathan-Garner, Laura. April 2017. “Sunscreen: Tips to Wear It Well”. The University of Texas MD Anderson Cancer Center. Diakses pada 19 Juni 2023, https://www.mdanderson.org/publications/focused-on-health/Sunscreen-Tips...